Review Gigabyte GTX 980TI

0
Posted August 6, 2015 by in Gigabyte

Kisaran Harga: 12 Juta rupiah
 
Manufaktur:
 
Kontak:
 
Website:
 

We Like:

performa kencang, Video memory berkapasitas 6GB, Solusi pendingin dengan 3 kipas
 

We Don't:

Harga cukup mahal
 
Bottom Line

Setelah Sebelumnya sempat dihadirkan Gigabyte GTX 980, kembali kami menghadirkan seri tertinggi berbasis GPU NVIDIA ini namun dengan seri yang lebih tinggi lagi yakni Gigabyte GTX 980Ti G1 Gaming. GTX 980 yang diusung Gigabyte ini merupakan versi custom dengan modifikasi yang cukup ekstrim meliputi bagian internal dan eksternalnya. Gigabyte kembali memanfaatkan teknologi Windforce 3X 600W […]

Rating

Total Score
76%

76/ 100

Official Test-bed
PC Media

Intel Platform : Intel Core i7-6700 4GHz, GIGABYTE Z170X-G1 GAMING, Team Elite DDR4 2x4GB, GIGABYTE GTX 970 G1 GAMING, Team Dark L3 120GB, FSP HYDRO G 850W 80PLUS Gold, Microsoft Windows 10 64-bit.

AMD Platform : AMD FX 9590 4.7GHz, GIGABYTE 990FXA-UD3 R5, Team Elite DDR3 2x4GB, GIGABYTE GTX 970 G1 GAMING, Team Dark L3 120GB, FSP HYDRO G 850W 80PLUS Gold, Microsoft Windows 10 64-bit.

by Verydias Aditya
Full Article

Setelah Sebelumnya sempat dihadirkan Gigabyte GTX 980, kembali kami menghadirkan seri tertinggi berbasis GPU NVIDIA ini namun dengan seri yang lebih tinggi lagi yakni Gigabyte GTX 980Ti G1 Gaming. GTX 980 yang diusung Gigabyte ini merupakan versi custom dengan modifikasi yang cukup ekstrim meliputi bagian internal dan eksternalnya. Gigabyte kembali memanfaatkan teknologi Windforce 3X 600W sebagai solusi masalah thermal pada video card-nya. Untuk seri ini, orientasi yang digunakan adalah triangle cool, di mana arah aliran udara akan dibagi menjadi dua arah sehingga menghilangkan efek turbulensi. Dengan begitu, udara panas yang timbul sebagai akibat perubahan energi akan terdisipasi dengan cepat. Efek dari penggunaan fitur windforce ini cukup terasa di mana pada kondisi idle suhu yang tercatat hanya menyentuh 34’C  dan stabil pada 71’C saat kondisi full load. Perlu diketahui, nilai suhu tersebut diperoleh dengan konfigurasi kecepatan kipas 50%.

Selain modifikasi dari sistem pendingin, video card ini ternyata menggunakan engine GPU yang sudah teroverclock dari pabrik (pre-OC).  Peningkatannya pun cukup signifikan, sebesar 152 MHz saja atau 15% lebih tinggi dari versi reference-nya. Meskipun begitu, jika dibandingkan dengan seri GTX 980 milik Gigabyte sebelumnya, clock yang dimiliki very Ti ini justru lebih rendah. Namun hal tersebut tidak bisa dijadikan acuan baku mengingat jumlah shader, texture mapping unit serta ROP yang dimiliki versi Ti ini jauh lebih tinggi. Bahkan dari segi dukungan VRAM-nya sendiri, versi Ti ini hadir dengan mengusung video memory berkapasitas 6GB. Hal ini tentu merupakan benefit tersendiri di mana Anda dapat semakin leluasa untuk memilih resolusi 1440p hingga 4K tanpa khawatir performa yang dihasilkan akan turun.

Dari segi bentuk fisik, video card produksi Gigabyte ini tampak lebih panjang dari versi reference-nya. Penambahan ukuran panjang tersebut tidak hanya sebatas ukuran board saja, tetapi juga meliputi heatsink yang memang dirancang untuk meng-cover hampir seluruh permukaan board. Ukuran ekstra ini juga dimaksudkan untuk mengakomodasi triple fan berdiameter 75mm yang diterapkan video card ini. Hal yang menarik, ukuran lebar dari video card ini ternyata hanya 2-slot saja itupun sudah termasuk yang digunakan.

Untuk segi koneksitas, Gigabyte GTX 980 G1 Gaming ini menyediakan interface display yang sangat komplet, dengan menghadirkan 2 port DVI, 3 DisplayPort, dan 1 port HDMI. Hal ini tentu memberikan benefit tersendiri bagi user yang menggunakannya, karena hanya dengan single video card saja, Anda bisa menampilkan konten di 4 monitor sekaligus. Inilah yang disebut dengan isitilah Gigabyte Flex Display Technology.

Untuk dapat memiliki video card “monster” dibutuhkan dana yang memang bisa dikatakan cukup fantastis, yakni sekitar 12 juta rupiah. Namun hal tersebut cukup sebanding dengan performa yang ditawarkannya. Apalagi Gigabyte menyediakan garansi komponen hingga 3 tahun.

 

(Visited 708 times, 1 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Verydias Aditya
Verydias Aditya

Hardware geeks, love physics, power user of internet

Latest