Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


Semakin Banyak Ponsel Android Dijual Beserta Malware

0
Posted August 2, 2017 by Fajar Anggiawan in News

Perusahaan antivirus Dr. Web menemukan malware baru yang berada secara pre-installed pada perangkat Android. Dengan adanya malware, sangat besar kemungkinan terjadinya pencurian data pribadi hingga mengontrol ponsel yang terinfeksi.

Malware yang telah hadir secara default dengan ponsel baru ini ditemukan pada berbagai merk ponsel Cina seperti Leagoo M5 Plus, Leagoo M8, Nomu S10 dan Nomu S20.

Dinamakan Android.Triada, malware yang berjenis trojan horse ini terintegrasi dengan firmware pada perangkat ponsel dan dapat menyusup hingga sistem agar dapat aktif setiap ponsel dinyalakan.

Cara kerja Triada yaitu dengan men-download malware lain untuk melakukan tujuan tertentu seperti mencuri data pribadi seperti informasi perbankan hingga memblok aplikasi media sosial tertentu sebagai persaingan bisnis.

Dr. Web sudah menotifikasi pada vendor yang memiliki malware pada produk mereka agar membersihkan firmware dari malware meskipun belum ada tanggapan resmi dari vendor yang terkait.

Kejadian seperti malware yang terinstal secara default pada ponsel Cina bukanlah hal baru. Permasalahannya yaitu malware ini sulit dihapus termasuk oleh antivirus karena malware sebagai file sistem terkecuali ponsel harus di-root terlebih dahulu dimana cara ini memerlukan keterampilan khusus.

(Visited 251 times, 2 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook13Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Fajar Anggiawan
Fajar Anggiawan

stream to bytes

Latest
 
 

Read more:
Malware DressCode Hadir Di PlayStore
Malware DressCode Hadir Di PlayStore

Lagi-lagi Google PlayStore keblablasan dengan terdapatnya malware yang bernama DressCode. Malware ini akan memanfaatkan ponsel yang terinfeksiĀ  menjadi botnet untuk...

Close