Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


Ini Merk Smartphone yang Diblok Amazon

0
Posted August 1, 2017 by Fajar Anggiawan in News

Salah satu alasan kuat oleh Amazon untuk menjual merk ponsel tertentu adalah adanya malware yang terinstal pada ponsel tersebut. Ponsel dengan merk BLU pun menjadi media penyebaran malware yang merugikan pengguna sehingga telah diblok oleh Amazon.

Produk dari BLU teridentifikasi memiliki spyware sejak November lalu berdasarkan riset dari Kryptowire. Pada saat itu, BLU pun mengakui permasalahan ini dan berjanji untuk menyelesaikannya. Aplikasi yang dikembangkan Shanghai Adups Technology merupakan biang keladi karena memiliki fitur yang dapat mengumpulkan informasi pengguna.

Minggu ini melalui konferensi Black Hat, Kryptowire mengungkap jika klaim dari BLU ternyata tidak terbukti, fitur pada aplikasi masih mengumpulkan informasi pengguna pada ponsel BLU.  Paling tidak ada tiga model yang terdapat spyware.

Sebaliknya, BLU menyatakan jika Kryptowire mengungkap informasi yang tidak akurat karena spyware telah dihapus setelah laporan pertama di akhir 2016. Namun, memang masih ada data yang dikumpulkan dan dikirim ke Cina sebagai keperluan untuk riset teknis dan telemetri. Jadi, perusahaan menganggap informasi yang dikirim merupakan infomasi umum dan juga dilakukan oleh vendor ponsel lainnya. Yang pasti, tidak ada pelanggaran privasi pada ponsel BLU.

Amazon sudah memblok penjualan ponsel BLU sampai permasalahan ini diselesaikan. Meskipun BLU sudah merilis pernyataan yang mengatakan jika ponsel keluaran mereka tidak terdapa spyware lagi.

(Visited 121 times, 1 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook4Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Fajar Anggiawan
Fajar Anggiawan

stream to bytes

Latest
 
 

Read more:
Password Terburuk 2014

Menjalani tahun 2015 ini, tentulah Anda tidak ingin mengalami peristiwa pahit, seperti beberapa selebritis dunia yang data pribadinya bocor akibat...

Close