Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


Malware Android Kini Mengekspos Foto Pribadi ke Online

0
Posted July 13, 2017 by Fajar Anggiawan in News

Aksi yang dilakukan malware sangat beragam. Jika malware jenis ransomware sudah mulai tren di dunia mobile, kini pemaksaan agar korban membayar biaya tebusan juga lebih bervariasi. Apabila ransomware biasa melakukan enkripsi data Anda, maka malware yang bernama LeakerLocker merupakan ransomware yang mengambil data Anda dan mengancam akan menyebar ke daftar kontak pada perangkat mobile Anda.

Ransomware ini disebarkan melalui aplikasi yang terdapat di Google Play Store dengan nama Wallpapers Blur HD dan Booster & Cleaner Pro dimana kedua aplikasi ini telah di-download ribuan kali.

Apabila Anda jeli, hak akses yang diminta aplikasi palsu ini cukup mencurigakan yaitu meminta akses ke daftar kontak dan kamera. Permintaan hak akses yang tidak berhubungan dengan fungsi aplikasi harus dijadikan pembeda antara aplikasi yang berbahaya atau tidak.

Dengan mengancam untuk menyebarkan data pribadi ke daftar kontak korban yang terinfeksi, hal ini seperti akan lebih efektif apabila data benar-benar sensitif seperi foto vulgar sehingga korban akan cenderung lebih mau membayar biasa tebusan.

Google sendiri telah menghapus aplikasi jahat yang menyebarkan ransomware LeakerLocker di Google Play Store dan menganjurkan untuk selalu memperhatikan hak akses yang diminta oleh aplikasi, misalnya aplikasi wallpaper yang ingin mengakses datar kontak, permintaan ini tidak masuk akal bukan?

(Visited 103 times, 8 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook6Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Fajar Anggiawan
Fajar Anggiawan

>> malware researcher - IT translator - journalist <<

Latest
 
 

Read more:
Celah Keamanan Pada Mobile OS Dewasa Ini

Oleh Sinan Eren -(Wakil Presiden, Manajemen Produk, Avast Mobile Enterprise) 2016 bukanlah sebuah tahun yang bagus untuk keamanan telepon genggam....

Close