Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


Heboh! CopyCat Berhasil Infeksi 14 Juta Ponsel Android!

0
Posted July 12, 2017 by Fajar Anggiawan in News

Pengguna Android kini dihebohkan lagi dengan adanya malware CopyCat yang mengincar pengguna Android di wilayah Asia. Malware ini mengincar perangkat Android yang sudah usang dengan memanfaakan celah keamanan pada sistem operasi versi lama.

Google telah memblok CopyCat di Play Protect namun sepertinya malware tidaklah di-download melalui Google Play Store melainkan berasal dari aplikasi lain yang berada di market pihak ketiga.

Tidak hanya Asia, CopyCat juga berhasil menginfeksi 280 ribu perangkat Android di Amerika Serikat dan 381 ribu perangkat Android di Kanada.

Sekali malware ini menginfeksi perangkat mobile, informasi sistem akan dikumpulkan dan malware baru akan di-download untuk melakukan root pada perangkat. Hal ini berarti jika penjahat cyber berhasil melakukan root maka hak akses yang didapatkan dapat melewati sistem keamanan dan mengontrol penuh perangkat yang terinfeksi.

Aktifitas yang dilakukan CopyCat yaitu memonitor aplikasi yang berjalan dan terinstal lalu mengganti iklan yang ada dengan iklan kepunyaan CopyCat serta terkadang menampilkan banner baru. Tentunya, dengan aksi yang dilakukan CopyCat ini dapat meningkatkan pundi-pundi uang pembuat malware dengan cepat.

CheckPoint memprediksi keuntungan yang diraih pembuat malware hingga 15 juta dollar dengan setidaknya 100 juta iklan dan 4,9 juta aplikasi palsu yang diinstal untuk menginfeksi perangkat Android.

Diperkirakan CopyCat berasal dari Cina meskipun belum ada kepastikan mengenai hal ini. CheckPoint menemukan adanya koneksi yang terhubunga dari CopyCat dengan jaringan iklan yang berasal dari Cina yaitu MobiSummer.  Bahkan, pengguna perangkat Android di Cina pun dimasukan ke daftar pengecualian sehingga mereka tidak terkena malware ini dan pihak kepolisian lokal pun tidak akan pernah mengendus adanya kejahatan cyber ini.

Sistem Android yang menjadi target yaitu Android Lollipop dan versi sebelumnya.  Google sendiri merekomendasikan untuk meng-update sistem operasi menjadi versi terbaru dan tidak men-download aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya.

(Visited 108 times, 4 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook4Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Fajar Anggiawan
Fajar Anggiawan

>> malware researcher - IT translator - journalist <<

Latest
 
 

Read more:
BenQ MW883UST/MX882UST Memimpin Kelas Proyektor Ultra Short-Throw dalam Proyeksi Pendidikan dengan Fleksibilitas dan Kualitas Gambar Tak Tertandingi

Direct release – BenQ, pembuat inovasi produk-produk proyeksi ground-breaking yang diakui secara internasional, di persaingan sekolah yang semakin ketat, meluncurkan proyektor...

Close