Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


Sony Alpha A9, Mirrorless Paling Canggih dan Paling Mahal

0
Posted June 6, 2017 by Denie Kristiadi in Gadget

Sony merilis kamera mirrorless yang paling canggih sekaligus paling mahal, Alpha A9 dengan 24.2 megapixel. Dilengkapi dengan sensor CMOS full-frame, A9 merupakan kamera kelas atas yang fokus pada kecepatan, bukan resolusi. Jumlah pikselnya kalah tinggi dibandingkan dengan Alpha 7R II dengan 42,4 megapiksel, namun A9 bisa memotret hingga 241 foto format RAW, gambar full frame dengan kecepatan 20 fps. Semuanya dapat dicapai berkat pemrosesan gambar yang 20 kali lebih cepat dari model sebelumnya. A9 juga memiliki focal plane sangat padat hingga 693 titik fokus yang dapat melakukan perhitungan 60 tracking AF/AE per detik.

Sony sejauh ini merupakan vendor teknologi sensor terbaik di pasaran dan memasok sebagian besar pembuat kamera dan smartphone, namun A9 merupakan seri pertama yang menggunakan sensor CMOS full-frame, yang dipadu dengan prosesor BIONZ. Prosesor BIONZ memungkinkan A9 untuk melacak gerakan tak menentu yang kompleks dengan akurasi lebih tinggi dari versi sebelumnya. BIONZ juga menghasilkan rentang ISO luas dari 100 sampai 51.200, dapat diperluas hingga 204.800.

Sony A9 dilengkapi banyak fitur, terdapat viewfinder Quad-VGA dengan 3.686K dot OLED, resolusi tertinggi dan model paling terang yang pernah digunakan Sony. Sony mengklaim viewfinder-nya tidak akan mati saat pengambilan gambar, bahkan pada saat memotret cepat dengan 20fps, optik viewfinder terbaik pun tidak mampu menyamai elektronik viewfinder milik A9. A9 juga merupakan kamera full-frame pertama Sony dengan layar sentuh dapat menjalankan fokus melalui sentuhan pada layarnya.

A9 memiliki bodi yang kompak dengan stabilisasi gambar 5 axis dan port ethernet untuk pemotretan di studio. Pada saat bersamaan, baterai A9 memiliki lebih dari dua kali lipat masa pakai dibanding seri A7 dan ditambah dua slot kartu media, termasuk dukungan untuk kartu memory SD UHS-II berkecepatan tinggi.

Untuk video, A9 dapat merekam dengan format 4K, namun jika merekam dengan sensor full-frame hanya dapat dilakukan pada resolusi 6K, kemudian menghasilkan contoh klip video pada resolusi 4K dengan detail dan kedalaman yang tinggi. Proses perekaman video pada A9 merupakan kemajuan, sebelumnya model full-frame Sony yang lain hanya dapat memberikan banyak potongan klip Super 35mm yang lebih kecil, meski A9 juga bisa melakukannya. A9 juga bisa merekam video 1080p hingga 120 fps dengan sistem tracking autofocus.

A9 akan mulai dijual dengan harga USD4.500 dan Sony juga meluncurkan lensa telephoto G Master 100-400mm f/4.5-5.6 yang dilego dengan harga USD2500 dan dirancang khusus untuk A9.

(Visited 114 times, 1 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Denie Kristiadi
Denie Kristiadi


Latest
 
  • Huion H640 H950
 

Read more:
Membuat Hotspot Dari Modem USB

Untuk berbagai koneksi Internet dari modem USB ke peralatan lain melalui WiFi, aplikasi terkenal seperti Connectify dapat digunakan untuk melakukan...

Close