Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


Sennheiser Ambeo, Sensasi Audio 3D

0
Posted June 6, 2017 by Denie Kristiadi in Gadget

Pernahkah Anda mendengar tentang audio binaural? Jangan merasa ketinggalan jika belum pernah, mayoritas pembaca juga belum mendengarnya.

Audio Binaural merupakan teknologi audio tiga dimensi. Seperti VR, tapi untuk audio. Jika Anda menutup mata, kemudian mintalah seorang teman untuk bergerak mengelilingi ruangan sambil berbicara dengan Anda, Anda dapat dengan mudah menunjukkan di mana dia berada meskipun mata tertutup. Semuanya dapat terjadi karena telinga kita, bersama dengan bantuan otak kita, saling bekerja sama satu sama lain untuk mendeteksi tiga hal: waktu kedatangan, kenyaringan, dan timbre.

Jika Anda mendengar sesuatu, telinga kanan Anda akan mendengarnya terlebih dahulu dan sepersekian detik kemudian, telinga kiri akan mendengarnya. Otak Anda bisa mendeteksi ini, dan juga seberapa keras setiap telinga merasakan suara tersebut, dan potongan kecil distorsi saat suara memantul dari ruangan sekitarnya. Begitu otak Anda memasukkan semua informasi ini bersama-sama, yang terjadi dengan super cepat, kita bisa mendeteksi dari mana suara itu berasal.

Jadi mengapa saya menceritakan semua ini? Nah karena jika saya hanya mengatakan bahwa Sennheiser merilis earbud Binaural untuk Android, Anda tidak akan tahu apa artinya itu. Tapi sekarang minimal Anda mengerti.

Biasanya, merekam audio binaural ini berarti memasang dua mikrofon ke kepala manekin, lalu menggunakan perangkat lunak untuk menggabungkan dua file audio menjadi satu. Cara ini memakan waktu dan kompleks, oleh karena itu hadirlah earbud Ambeo Smart dari Sennheiser. Dengan earbud ini, dimana terdapat satu mikrofon di setiap sisinya, pengguna bisa merekam audio 3D dengan smartphone mereka, tidak perlu ribet.

Walaupun audio binaural menyenangkan untuk didengarkan, tapi terdapat dunia baru dibalik teknologi 3D audio ini: yaitu dunia virtual. Aplikasi VR yang digunakan menggunakan headset VR, sangat diuntungkan dari teknologi audio 3D ini, yang memungkinkan pengguna untuk mengatur audio dengan cara yang lebih realistis.

Sennheiser juga mengumumkan bahwa Ambeo akan memliki A/D converter premium dari Apogee, serta preamp mic dan SoftLimit. Sennheiser menambahkan, nantinya akan ada versi USB-C untuk perangkat Android.

(Visited 38 times, 1 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Denie Kristiadi
Denie Kristiadi


Latest
 
 

Read more:
ASUS A456UF, Notebook Elegan dengan Intel Generasi ke-6 dan USB 3.1 Type-C

Jakarta (15 Maret 2016) – Hari ini ASUS secara resmi memperkenalkan varian notebook mutakhirnya yang dilengkapi dengan prosesor Intel generasi...

Close