Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


Pengguna Mac, Bersiaplah Akan Serangan Ransomware!

0
Posted June 14, 2017 by Fajar Anggiawan in News

Windows merupakan sistem operasi yang paling  gencar diserang oleh malware. Wajar saja mengingat pengguna Windows lebih banyak dibandingkan pengguna sistem operasi lain sehingga laporan insiden pun lebih banyak terekspos.

Ransomware merupakan jenis malware yang saat ini paling ditakukan karena akan sangat merugikan pengguna yang terinfeksi. Ransomware-as-a-service (RaaS) merupakan layanan pembuatan ransomware sehingga siapa saja dapa membuat versi ransomware-nya sendiri dan mendapatkan keuntungan dari hasil penyebaran ransomware tersebut.

Kabar buruk bagi pengguna Mac, RaaS pertama sudah hadir untuk menargetkan sistem operasi Mac. Jadi pengguna Mac sudah sepatutnya lebih waspada mengingat ransomware tidak hanya mengandalkan penyebaran melalui social engineering via lampiran email, melainkan juga celah keamanan pada sistem operasi termasuk pada Mac.

RaaS untuk Mac ini dinamakan MacRansom dan dapat diakses melalui dark web. MacRansom juga akan mengenkripsi file dan meminta biaya tebusan sebesar 0.25 Bitcoin atau $670 agar data pengguna dapat dikembalikan. Cukup mahal bukan?

Apabila biaya tebusan tidak dibayar oleh korban, ransomware akan menghapus file tersebut setelah satu minggu berlalu. Pastikan Anda yang menggunakan Mac selalu meng-update sistem dan mulailah waspada karena kini ransomware sudah menginvasi Mac.

Ladislav Zezula dari Avast menyatakan bahwa varian ransomware baru yang menargetkan Mac bukanlah hal yang mengejutkan mengingat sudah mulai banyak beredar ransomware open source dan pembuatan malware di forum hacking.

Meskipun pengguna Mac masih tergolong minoritas sehingga keuntungan yang didapatkan dari ransomware akan lebih sedikit, namun serangan ini dapat menjadi bom waktu seiring varian ransomware baru tetap muncul.

Zezula juga mengatakan jika setiap orang tanpa kemampuan programming dapat memanfaatkan RaaS untuk terjun ke dunia kejahatan cyber serta penjualan malware pun juga menjadi bisnis ilegal yang menguntungkan .

Mengenai celah keamanan pada sistem operasi yang acapkali bersifat fatal, Zezula menganggap pengguna harus lebih khawatir akan Windows dibandingkan Mac. Selain itu, karena pengguna Mac relatif sedikit sehingga pembuat malware pun tidak akan lama tertarik untuk menjadikan Mac sebagai target serangan. Oleh karena itu, pengguna Mac sudah sepatutnya melakukan tindakan pencegahan dengan menggunakan aplikasi antivirus yang memiliki reputasi bagus.

(Visited 79 times, 1 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook1Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Fajar Anggiawan
Fajar Anggiawan

>> malware researcher - IT translator - journalist <<

Latest
 
 

Read more:
Website Dengan WordPress? Ini Dia Plugin Wajib 2015

Siapa tidak kenal CMS (Content Management System) yang satu ini, WordPress. Saat ini dengan dukungan lebih dari 38.000 plugins (dan...

Close