Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


GIGABYTE GA-AB350-GAMING 3

0
Posted June 21, 2017 by Agus Prasetyo in Hardware

Kemunculan AMD Ryzen menyita perhatian para hardware enthusiast termasuk gamer yang menitik-beratkan pada price to performance. Motherboard dengan chipset AMD yang mendukung AMD Ryzen masih dengan socket AM4, sama seperti yang digunakan untuk seri Bristol Ridge. Namun dengan chipset yang baru memberikan kompatibilitas yang lebih baik terhadap Ryzen. Chipset yang tersedia adalah X370, B350, A320. Kali ini produk dari Gigabyte mengirimkan seri GA-AB350-Gaming 3 dengan chipset B350. Chipset ini bukan yang tertinggi, tapi sudah mendukung fitur overclocking.

Setelah masalah kestabilan yang terjadi di beberapa motherboard, kini BIOS baru untuk chipset AMD terbaru tersebut telah melakukan beberapa perbaikan. Selain itu penambahan fitur kompatibilitas juga meningkat, seperti mendukung DDR4 tidak lagi terpaku di 2400 MHz, bahkan konfirmasi dari pihak Gigabyte sendiri motherboardnya telah mendukung memory 3200 MHz.

Sebagai motherboard gaming, AB350 Gaming 3 dibenamkan fitur khas dari Gigabyte selain fitur yang bawaan dari chipset AMD sendiri. Gigabyte RGB Fusion, masih relevan untuk menarik perhatian PC builder yang mengutamakan estetika, karena pengaturan yang fleksibel bahkan dari smartphone. Layout cukup bersih, terlihat 2 slot PCIe sudah terpasang stainless shield untuk durabilitas. Bagi pengguna yang merencanakan multi-graphic sebaiknya melirik chipset AMD X370, karena motherboard ini hanya mendukung multi-graphic kecepatan PCIE X4. Untuk storage berbasis M.2, hanya tersedia 1 slot saja, namun sudah mendukung PCIe Gen3 x4 sehingga bandwidth lebih lebar dan kompatibilitas tipe 22110. Fitur lain yang menarik adalah chip pintar ALC 1220 yang mengurusi audio dan USB khusus terhubung ke perangkat audio DAC.

Keperluan OC diakomodir lewat kemudahan pengoperasian BIOS dan pendukung software. Daerah sekitar socket processor terlihat 4+3 phase smart VRM guna kestabilan CPU, baik pada penggunaan harian maupun OC. Sebagai monitoring, peletakan sensor suhu yang tersebar di 6 titik. Selain itu untuk mendukung penggunaan berbagai jenis cooling, diberikan kekuatan lebih bagi fan header sampai 24 Watt yang tersebar di 3 tempat. Software Smart Fan 5, EasyTune, dan semua aplikasi pengaturan tergabung di App Center.

Dengan pengujian menggunakan processor AMD Ryzen 5 1500X, dan memory 2x8GB DDR4-3200, kemampuan default sistem mid-end ini cukup mumpuni. Bahkan beberapa game bisa memperoleh FPS yang lebih tinggi dibanding dengan sistem Intel Core i7 6770K Skylake yang masuk kategori high-end. Tidak salah bila popularitas Ryzen terus merangkak naik. Dengan segala fitur, AB350 Gaming 3 berada di posisi layak bagi AMD Ryzen.

(Visited 80 times, 2 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Agus Prasetyo
Agus Prasetyo


Latest
 
 

Read more:
Pokemon GO Untuk Windows Phone

Hingga awal Agustus 2016, Pokemon Go hanya tersedia untuk sistem operasi Android dan iOS. Bagaimana dengan nasib pengguna Windows Phone?...

Close