Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


Awas! Banyak Aplikasi Berkedok Antivirus di Play Store

0
Posted June 14, 2017 by Fajar Anggiawan in News

Berdasarkan informasi dari McAfee, muncul tren baru yaitu banyaknya aplikasi yang berkedok sebagai antivirus di Google Play Store. Alih-alih mendapatkan perlindungan dari aplikasi keamanan tersebut, perangkat Android Anda malahan yang beresiko terinfeksi oleh malware.

Sejak heboh ransomware WannaCry yang sempat menakutkan banyak pengguna komputer, tren aplikasi antivirus yang diusung dapat mengamankan WannaCry pun menjadi banyak ditemukan di Play Store padahal WannaCry tidaklah mengincar platform Android.

Perusahaan keamanan cyber bernama RiskIQ menemukan setidaknya ada tujuh aplikasi yang berhubungan dengan WannaCry di Google Play Store dan ada beberapa di App Store pada Apple. Selebihnya, ada ratusan aplikasi antivirus palsu yang ditemukan ternyata berisi adware atau trojan.

Aplikasi gadungan ini akan meminta hak akses yang tidak biasa seperti aplikasi umum, misalnya mendapatkan password saat menyalakan ponsel.

Google sendiri memiliki perlindungan terhadap pengguna dengan melakukan scan terhadap semua aplikasi yang ada di Google Play Store. Namun, pengamanan ini tidaklah efisien jika aplikasi hanya berperan sebagai media untuk men-download malware.

Untuk memastikan ponsel agar selalu aman, cara terbaik yaitu dengan men-download aplikasi dari developer terpercaya. Pastikan Anda tidak memberi hak akses yang sekiranya tidak diperlukan oleh jenis aplikasi yang Anda gunakan.

(Visited 129 times, 1 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook1Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Fajar Anggiawan
Fajar Anggiawan

stream to bytes

Latest
 
  • Huion H640 H950
 

Read more:
Analisa Avast terhadap Insiden Cyber pada Deutsche Telekom

Setelah serangan yang menginfeksi hampir sejuta konsumen dari Deutsche Telekom, Pavel Šrámek selaku Malware Analyst di Avast memberikan tanggapan secara...

Close