Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


Samsung dan Amazon Kembangkan HDR10+

0
Posted May 30, 2017 by Denie Kristiadi in News

Industri hiburan video sedang menjalani masa transisi. Masa transisi yang sebenarnya hanya cara lain untuk mengatakan sedang memasuki periode perang format video tapi tidak seperti pada saat persaingan antara DVD vs Blu-ray. Kali ini, perangnya mengenai teknologi HDR. Banyak produsen video dan pembuat konten menyebar kata “HDR” pada produknya, mulai dari HDR10, Dolby Vision hingga HLG. Dan sekarang lebih membingungkan lagi, Samsung dan Amazon Video bekerja sama merilis varian HDR lain yang mereka sebut HDR10+.

HDR, singkatan dari High Dynamic Range, sebenarnya mengacu pada jenis teknologi yang diimplementasikan secara berbeda oleh berbagai pihak. Misalnya, Dolby memiliki implementasi Dolby Vision sendiri, mungkin lebih baik dari teknologi sejenis namun sayangnya dilengkapi juga dengan biaya lisensi. Banyak produsen tidak puas dengan teknologi HDR10, bukan karena standar yang lebih terbuka, Tetapi lebih karena kuangnya fitur.

Samsung dan Amazon adalah pendukung HDR10 tapi sekarang mereka yakin bisa mengembangkannya lebih baik. Inti dari Samsung dan Amazon mengembangakn teknologi HDR baru karena HDR10 tidak dinamis, dalam arti informasi metadata untuk kecerahan sangat kurang. Singkatnya, tingkat kecerahan tidak berubah sama sekali, bahkan jika suatu adegan membutuhkan tingkat kecerahan yang berbeda.

HDR10+ memperbaiki kekurangan itu melalui Dynamic Tone Mapping. Alih-alih menggunakan metadata statis, HDR10+ menggunakan metadata dinamis untuk mengubah tingkat kecerahan dari satu adegan ke adegan lainnya, tergantung pada apa yang dibutuhkan adegan tersebut atau apa yang sutradara inginkan. HDR10+ diklaim dapat membuat berbagai warna yang ditawarkan oleh HDR muncul.

Tentu saja, “standar” menjadi tidak berarti jika semuanya hanya teori tanpa aplikasi praktis. Itulah sebabnya Samsung mengumumkan bahwa semua TV UHD 2017-nya, termasuk seri Quantum, akan mendukung HDR10+. Model 2016 juga akan mendukung HDR10+ dengan update firmware akhir tahun ini. Dan di sisi konten, Amazon Video akan menyediakan video dengan HDR10+ akhir tahun ini.

(Visited 34 times, 1 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Denie Kristiadi
Denie Kristiadi


Latest
 
  • Huion H640 H950
 

Read more:
Snapdragon Terbaru untuk Ponsel Menengah ke Bawah

Baru saja kita mulai melihat ponsel dengan prosesor tercepat Snapdragon 835 beredar di pasaran, Qualcomm kembali memperkenalkan SoC lainnya. Snapdragon...

Close