Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


Membludak! Ancaman Hacker dengan Google Docs

0
Posted May 5, 2017 by Fajar Anggiawan in News

Email berisi penipuan atau phising yang menargetkan pengguna Google kembali marak terjadi. Kali ini pada email terdapat link Google Docs dimana jika Anda mengikuti instruksi pada link tersebut maka akun Google Anda dapat diakses oleh hacker.

Email berbahaya ini menaruh banyak alamat email pengguna di bagian BCC dan pengirim dapat sebagai teman Anda yang telah berhasil terjebak akibat phising.  Sekali Anda mengklik tombol Google Docs, tampilan login akan membawa Anda ke domain Google yang asli dengan menanyakan Anda untuk memberi akses kepada aplikasi Google Docs dimana aplikasi ini adalah trik yang digunakan hacker untuk mendapatkan hak akses pada akun Anda.

Dampak dari ancaman phising yang menyebar luas ini membuat hacker dapat membaca, mengirim bahkan menghapus email Anda.

Apabila Anda telah mengikuti skenario dari link berbahaya, Anda harus masuk ke halaman Permission dimana Anda dapat mengatur aplikasi apa yang dapat mengakses data Anda.  Cari “Google Docs” dan hapus hak akses yang telah diberikan.

Mengklik link yang tidak dikenal atau tidak diperlukan untuk dibuka sebaiknya dihindari ketika mengakses email. Meskipun phising merupakan teknik yang sederhana dan sudah lama digunakan, ada banyak korban yang dilaporkan terkena kampanye penipuan ini.

Google mulai memblok email berbahaya ini meskipun Anda mem-forward email ke alamat email lain. Meskipun demikian, jangan pernah lengah karena sangat besar peluang ada email berbahaya lain yang masuk ke Inbox Anda dan dapat mengakses data Anda.

Keberhasilan serangan phising dengan Google Docs merupakan salah satu contoh jika pengguna akan mudah tertipu dengan nama aplikasi legit padahal aplikasi tersebut merupakan buatan pihak ketiga alias hacker.

(Visited 162 times, 1 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Fajar Anggiawan
Fajar Anggiawan

>> malware researcher - IT translator - journalist <<

Latest
 
 

Read more:
Versi Terbaru API AMD Radeon Software Crimson Edition 16.3

Versi terbaru dari API AMD Radeon Software Crimson Edition 16.3 sudah tersedia dengan update profile Crossfire dari game Hitman™  dan The...

Close