Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


FSP DAGGER 600W

0
Posted May 25, 2017 by Agus Prasetyo in Hardware

Dari beberapa produsen power supply unit (PSU) untuk PC, FSP salah satu yang memiliki line-up cukup lengkap dibeberapa segmen kualitas, kapasitas daya dan harga. Kini dengan maraknya pengguna platform Mini-PC, FSP mengeluarkan PSU tipe SFX dengan brand Dagger dengan dua kapasitas 500W dan 600W.

Dagger sudah mengantongi sertifikasi 80 PLUS Gold, desain full modular, sistem single rail +12V, dan menerapkan hampir semua sistem proteksi elektronik yang telah ada di seri yang lain. Single rail masih menjadi andalan karena memiliki rentang yang lebih luas pada implementasi arus listrik yang dikeluarkan. Meski sistem SFX dengan motherboard mini-ITX, GPU dan processor yang biasanya menengah kebawah, situasi kini berbeda ketika implementasi SFX menghendaki rig PC yang tidak kalah powerful. Bahkan spesifikasi tidak berbeda dengan sistem full ATX pada umumnya, sehingga keberadaan PSU SFX menyuguhkan daya yang cukup mumpuni untuk mengangkat spek PC terbaru sekalipun. FSP Dagger dengan daya 600W sepertinya memiliki sweetspot untuk para pengguna PC gaming form factor mini-ITX.

Dengan 80 PLUS Gold, seharusnya memberikan layanan daya yang prima. Kestabilan juga menjadi perhatian khusus, ini terkait dengan custom component dan pengaturan elektrikal yang presisi. Dengan ruang yang kecil, urusan panas menjadi kendala di SFX. FSP memasangkan fan berukuran 92 mm double ball-bearing. Rating 600W ini terbagi menjadi 50 Ampere pada rail +12V serta 20 Ampere dan 15 Ampere untuk kombinasi rail 3.3V dan 5V. Kekuatan berkonsentrasi di rail +12V untuk mengakomodasi GPU high-end saat ini. Kapasitas ini cukup untuk mini-PC gaming dengan VGA Radeon Polaris dan NVIDIA Pascal. Oleh karena itu sistem modular menyediakan 2 kabel PCIe sepanjang 35 cm. Bawaan juga memberikan media konverter agar bisa terpasang di casing mid-tower ATX.

Pengujian dilakukan menggunakan sistem ATX standar berbasis Intel Core i7-6700 Skylake dan GTX 970. Kami tidak menemui kendala pada sistem rig. Fan PSU bekerja dengan tenang tanpa menimbulkan bunyi yang berlebih. Sedotan daya total mencapai 387 Watt yang nampaknya terlalu besar untuk mengangkat rig ini pada kondisi full load. Harga yang ditawarkan cukup rasional mengingat daya yang disediakan cukup besar untuk sistem mini- PC, yang membuat pengguna leluasa untuk menentukan GPU dan peripheral tambahan lainnya.

(Visited 23 times, 1 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Agus Prasetyo
Agus Prasetyo


Latest
 
 

Read more:
Akhirnya ReactOS Dirilis Kembali
Akhirnya ReactOS Dirilis Kembali

Setelah 10 tahun berlalu versi terbaru dari sistem operasi ReactOS 0.4.0 dirilis kembali oleh developer Ziliang Guo. Peluncuran sistem operasi...

Close