Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


Fitur Baru Ini Bikin Update Android Hadir Lebih Cepat

0
Posted May 31, 2017 by Denie Kristiadi in News

Salah satu kekurangan utama Android adalah adanya fragmentasi pembaruan sistem operasi. Sampai hari ini, banyak smartphone harus menunggu beberapa bulan setelah OS terbaru dirilis. Sebagai contoh, Android Nougat secara resmi diluncurkan pada bulan Agustus tahun lalu, namun banyak OEM telah menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk merilis Android 7.X kepada penggunanya. Sampai Mei ini, hanya sekitar 7% dari semua perangkat Android yang menggunakan Android Nougat.

Dalam upaya untuk memerangi periode waktu yang panjang antara merilis versi baru Android dan OEM yang memperbarui perangkat mereka, Google telah mengumumkan perubahan terbesar pada arsitektur sistem tingkat rendah Android yang disebut Project Treble.

Cara kerja pembaruan Android cukup sederahana, Google merilis versi Android baru dimana produsen silikon (misalnya Qualcomm, Mediatek) harus menyediakan driver. Setelah selesai, pembuat perangkat (misalnya Samsung, HTC) dapat mulai menambahkan kembali semua fitur yang mereka buat ke kode sumber Android yang baru. Dalam kasus ponsel/tablet yang dijual, produsen perangkat kemudian harus menunggu operator menyetujuinya. Setelah semua itu selesai, pengguna akhirnya mulai menerima update.

Google berharap bisa mempercepat proses ini dengan Project Treble, Intinya, fitur Vendor Interface baru pada Project Treble, akan berisi semua perangkat lunak tingkat rendah untuk perangkat, seperti driver chipset. Google akan bekerja sama dengan produsen chipset untuk memastikan Vendor Interface kompatibel ke depannya, dan sistem antarmuka akan divalidasi oleh Vendor Test Suite (VTS).

Bagusnya, Vendor Interface nantinya secara tidak langsung akan memaksa produsen chipset untuk mengupdate driver. Ada banyak kasus di mana produsen chipset belum memperbarui driver untuk chip populer tertentu, mencegah perangkat menggunakan sis­tem operasi Android terbaru.

(Visited 162 times, 1 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Denie Kristiadi
Denie Kristiadi


Latest
 
  • Huion H640 H950
 

Read more:
Brother Meluncurkan Scanner Terbaru

[Jakarta, 20 Juli 2016] – PT. Brother International Sales Indonesia, salah satu perusahaan perangkat IT terkemuka di Indonesia baru saja meluncurkan...

Close