Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


D-LINK DIR880L WIRELESS AC1900

0
Posted May 24, 2017 by Agus Prasetyo in Hardware

D-Link, perusahaan asal Taiwan yang memasarkan sebagian besar produk di Indonesia salah satunya pada pasar networking dengan dukungan standar baru wireless AC1900. Produk dari D-Link kali ini adalah D-Link DIR880L merupakan wireless router.

Produk dengan 3 antena ini mengusung dual band wireless 2.4GHz berkecapatan 600Mbps dan 5GHz berkecepatan hingga 1300Mbps. Sebagai catatan kecepatan kombinasi untuk router dengan kemampuan dual band ini adalah 1900Mbps. Wireless b a n d 5 G H z m e m a n g m e n a w a r k a n kelebihan, seperti sistem beam forming yang akan terhubung ke perangkat secara khusus, dibanding model wireless band 2.4GHz dengan mode coverage area. MIMO atau multiple input multiple output juga salah satu fitur pada standar mode ini. Biasanya ditandai dengan jumlah antena 3 atau lebih. Kebanyakan masih menerapkan SU-MIMO, yang hanya pada praktiknya menyelesaikan koneksitas ke single user lalu diikuti dengan user berikutnya. Hal ini memberikan waktu tunggu meningkat dengan jumlah perangakat yang terhubung. Tentunya untuk terhubung ke router dengan mode 5GHz hanya bisa dilakukan oleh perangkat yang kompatibel. Namun pengguna juga bisa mengaplikasikan sistem ini dengan tambahan receiver, misalnya dengan produk D-Link DWA-192.

Sebagai unit router, tentunya DIR880L menangani koneksitas yang komplek sehingga perlu kekuatan hardware yang mumpuni. D-Link DIR880L menggunakan processor dual core Broadcom BCM4708A SoC berkecepatan 800MHz dan ditopang dengan RAM 256MB dan memory flash 128MB. Secara fisik cukup menarik dengan bentuk pipih dan mencuat 3 antena telihat lebih lebar dari antena pada umumnya. Unit ini juga bisa dipasangkan wall-mounted dengan aksesori yang disertakan. Koneksitas yang tersedia adalah 4 port Gigabit LAN , 1 port Gigabit WAN, USB 2.0 serta tombol power dan input daya adaptor DC. Disamping juga memberikan fitur tombol setup WPS guna mengaktifkan mode 5GHz dan 1 port USB 3.0. Port USB 3.0 ini bisa terhubung ke external storage sehingga langsung difungsikan sebagai network storage yang bisa diakses bersama. Panel depan terdapat barisan status LED yang mengindikasikan setiap aktif koneksi baik itu pilihan band 2.4GHz atau 5GHz. Namun tanpa indikator untuk koneksitas 4 port LAN. DIR880L dikendalikan melalui software yang terlihat sederhana dan tentu saja sangat memudahkan bagi pengguna pada umumnya. Setup juga bisa dijalankan via remote melalui smartphone Android dan iOS dengan aplikasi mydlink Cloud app.

Kami menggunakan perangkat notebook dengan tambahan D-Link DWA- 192 sebagai adapter wireless AC dan router DIR880L terhubung ke PC melalui LAN. Setup ini aktif terhubung pada jairngan 5GHz.

(Visited 18 times, 1 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Agus Prasetyo
Agus Prasetyo


Latest
 
 

Read more:
Yogrt, Aplikasi Sosial Berbasis Lokasi, Dapat Suntikan Dana Seri A USD 3 Juta

Direct Release – Yogrt, aplikasi sosial berbasis lokasi yang menghubungkan pengguna melalui game sosial dan beragam kuis, berhasil mendapat suntikan dana...

Close