Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


APACER BLADE FIRE DDR4-3200 2X8GB

0
Posted May 20, 2017 by Agus Prasetyo in Hardware

DDR4 dalam kemasan dual channel kit berkapasitas besar biasanya diminati oleh pengguna rig gaming. Bukan hanya kapasitas, untuk saat ini tampilan modul juga patut dipertimbangkan. Apacer Blade Fire adalah salah satu modul kit 2x8GB DDR4 dengan kecepatan 3200 MHz bisa dipasangkan pada rig berbasis Intel Core Skylake – Kaby Lake dan juga AMD Ryzen. Meski begitu perlu penyesuaian oleh motherboard yang mendukung.

Secara fisik Apacer mengemas heatspreader dibubuhi LED yang menyala saat PC dihidupkan. Apacer juga menyediakan kapasitas hingga 64GB untuk dengan timing 16-16-18-38 layak digunakan pada OS 64-bit. Anda akan mendapatkan fasilitas overclock otomatis lewat Intel Xtreme Memory Profile 2.0 (XMP 2.0) bila motherboard dan chipset mendukung. Yang diperlukan hanyalah mengaktifkannya melalui BIOS biasanya dibagian advanced settings. Secara default memory ini aktif di DDR4-2400 atau kecepatan 1200 MHz sesuai dengan JEDEC. Begitu XMP 2.0 diaktifkan akan mendapatkan kenaikan kecepatan 1600 MHz dengan timing 16-18- 18-38. Kebutuhan daya juga meningkat, dari voltase default 1.20 V menjadi 1.35 V. Intel Core Gen 6 harus menggunakan chipset Z170 untuk memastikan kompatibilitas XMP 2.0 dengan kecepatan 1600 MHz.

Dari pengujian yang dilakukan menggunakan sistem Intel Skylake, kami mendapatkan kestabilan kinerja dan performa yang cukup baik. Beberapa pengujian yang dilakukan membutuhkan sistem multi-thread mengandalkan kinerja processor dan memory antara lain 3DMark 11 Physic, Cinebench R15 dan Geekbench 4 didapat hasil yang cukup memuaskan. Dengan pencapaian clock yang cukup tinggi lantas tidak mengorbankan latency memory.

Untuk harga yang ditawarkan, Apacer Blade Fire cukup bisa bersaing dengan brand lain dengan kapasitas dan kecepatan yang sama. Aksesori LED dengan heatspreader tebal lebih pantas dipasangkan pada motherboard bertemakan RGB LED.

(Visited 17 times, 1 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Agus Prasetyo
Agus Prasetyo


Latest
 
 

Read more:
Menganalisa Sistem Menggunakan Farbar Recovery Scan Tool
Menganalisa Sistem Menggunakan Farbar Recovery Scan Tool

Aplikasi yang berukuran kecil dan ringan ini dapat dijadikan senjata bagi teknisi komputer untuk membersihkan malware yang menginfeksi sistem. Diperlukan...

Close