Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


4 Tips Terbaik Untuk Mempercepat Performa Komputer yang Lambat

0
Posted April 29, 2017 by Fajar Anggiawan in Tips

Apakah ketika menghidupkan komputer memungkinkan Anda untuk membuat kopi atau ke toilet terlebih dahulu? Ikuti 4 tips cepat berikut yang bahkan dapat membuat performa komputer tua Anda menjadi cepat.

Umumnya, penyebab komputer menjadi terasa lambat ketika digunakan tidak berkaitan dengan permasalah hardware. Melainkan, permasalahan sistem dan software yang dapat menurunkan performa komputer sehingga dapat membuat Anda stres karena menunggu terlalu lama.

Jadi, apa yang sebenarnya memperlambat performa komputer Anda?

  • Program. Umpamakan komputer Anda sebagai mobil. Semakin banyak penumpang yang menambah beban pada mobil akan membuat mobil semakin lambat ketika berjalan apalagi mendaki. Di dalam dunia digital, semua program Anda seperti Office, iTunes atau Adobe Reader merupakan penumpang tersebut.
  • Driver usang. Driver merupakan file yang mengkonfigurasikan komponen hardware pada komputer seperti kartu grafis. Jika driver sudah usang atau bahkan tidak terinstal, Anda mungkin akan kehilangan setengah dari kecepatan normal.
  • Data pada harddisk yang berantakan atau cluttered disk. Harddisk Anda mungkin penuh atau memiliki data yang tidak menempati ruangan yang saling berdekatan dalam harddisk. Permasalahan ini sering disebut fragmentasi.
  • Terlalu panas atau overheating. Ini merupakan permasalahan pada hardware. Jika komputer atau laptop Anda terdapat banyak debu atau terletak di tempat yang panas bahkan terkena sinar matahari secara langsung, maka potensi untuk menimbulkan overheating hingga kerusakan dapat terjadi. Untuk mencegah hal tersebut, komputer Anda telah diprogram secara otomatis untuk memperlambat performa kecepatan ketika overheating terjadi sehingga pengalaman komputer Anda menjadi lambat.

 

Jadi, apa yang dapat Anda perbuat untuk mengatasinya?

#1: Hindari program yang membuat lambat. Perhatikan program yang tergolong berat sehingga membuat komputer menjadi lambat serta singkirkan program tersebut. Untuk melakukan itu, klik kanan pada taskbar Windows 7 atau 10 dan klik Task Manager. Klik Startup dan perhatikan daftar aplikasi yang ada.

Daftar ini meliputi berbagai program yang berjalan secara otomatis ketika Anda menghidupkan komputer Anda. Tanya diri Anda, program apa yang memang diperlukan untuk aktif sepanjang waktu atau berjalan secara otomatis.  Pikirkan program seperti Skype, Spotify, PowerDVD atau software tambahan untuk mouse atau keyboard yang tidak pernah digunakan. Matikan program yang tidak dibutuhkan dengan klik kanan pada setiap objek program dan klik Disable.

#2: Perbarui driver usang. Seperti yang kita bahas sebelumnya, driver berperan penting dalam performa komputer.  Driver yang paling berdampak terhadap performa adalah kartu grafis dan chipset. Kartu grafis merupakan komponen hardware yang menghasilkan tampilan yang Anda lihat di layar komputer dan chipset berperan untuk adanya komunikasi antara memory, harddisk dan prosesor.  Umumnya, Anda dapat menemukan driver chipset di website produsen atau mendapatkannya secara langsung ketika membeli.

Mari kita ambil contoh mengenai kartu grafis. Sebelum Anda men-download driver, Anda mesti mengecek hardware apa yang dimiliki melalui Device Manager.  Klik kanan pada Start dan pilih Device Manager. Selanjutnya, buka kartu grafis melalui menu Display adapters:

Di dalam kasus ini, kartu grafis yang digunakan adalah AMD Radeon, jadi sumber terbaik untuk mencari driver adalah website download AMD.  Jika Anda memiliki kartu NVIDIA, Anda dapat mencari di sini untuk mendapatkan driver terbaru. Pengguna Intel HD atau Intel Iris juga dapat mencari apa diperlukan.

#3: Defrag dan bersihkan komputer Anda.  Proses seperti instalasi, uninstall, mengkopi dan memindahkan banyak data dapat membuat sususan data menjadi berantakan (cluttered).  Kita tidak membicarakan “file” namun “cluster” yang merupakan blok data pada harddisk. Semakin data tersebar atau mengalami fragmentasi maka semakin lama komputer mencari dan membaca cluster dimana proses membuka file atau folder akan terasa lebih lama dari waktu ke waktu.

Untuk memperbaiki permasalahan ini, Anda harus melakukan defrag pada harddisk. Klik Start, ketik defrag dan klik pada hasil pencarian untuk menjalankan program yang melakukan defragmentasi semua cluster.

Sayang sekali, pemeliharaan harddisk tidak sepenuhnya dapat dilakukan oleh program tersebut. Seiring waktu, program atau game Anda meninggalkan data yang disebut “temporary file” yang diperlukan untuk menjalankan program namun tidak dihapus ketika sudah tidak digunakan lagi. File-file ini tersimpan dan seringkali tidak terlihat pada harddisk Anda. Solusi yang dapat digunakan adalah menggunakan program seperti Avast Cleanup yang mencari semua area termasuk yang tersembunyi pada harddisk untuk file log tersembunyi, temporary file, atau file sisa lain dari program dan Windows yang tidak pernah Anda butuhkan kembali.

#4: Membersihkan komputer Anda. Apakah kipas pada komputer atau laptop berputar sangat kencang sehingg dapat digunakan sebagai pengering rambut? Apakah perangkat Anda sangat panas sehingga dapat digunakan untuk memasak telur? Pastinya, Anda ingin memastikan sirkulasi udara berjalan lancar dan debu yang menumpuk di dalam. Buka casing dan gunakan semprotan udara untuk membersihkan debu yang dapat menutup saluran udara atau bahkan membuat kipas berhenti berputar.

Jika Anda telah mengikuti 4 langkah ini, Anda seharusnya sudah merasakan komputer yang berjalan lebih cepat dari sebelumnya. Namun, pemeliharaan secara rutin diperlukan untuk mempertahankan performa yang stabil. Tidak ada satu dari langkah ini yang berlangsung seterusnya, jadi Anda harus melakukannya secara teratur setidaknya sebulan sekali kecuali nomor 4 yang dapat dilakukan setiap 6-12 bulan sekali.

 

Sumber: Sandro Villinger / Avast

 

(Visited 362 times, 1 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook1Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Fajar Anggiawan
Fajar Anggiawan

stream to bytes

Latest
 
 

Read more:
Sony Walkman NW-ZX2

Pada ajang CES 2015, Sony memeperkenalkan seri Walkman terbarunya, NWZX2. Perangkat pemutar musik ini dilihat sekilas seperti sepotong logam. NW-ZX2...

Close