Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


Tips Memilih Hosting yang Tepat

1
Posted March 26, 2017 by Fajar Anggiawan in Know How

Apabila Anda ingin membuat suatu website, ada berbagai hal yang mesti dipersiapkan yaitu dimulai dari aplikasi web, nama domain dan hosting yang akan dipilih. Berbicara tentang hosting, yang terlintas di pikiran Anda mungkin hanya kapasitas penyimpanan alias space dan bandwidth yang disediakan oleh pihak layanan hosting. Semenjak kebutuhan semakin kompleks ditambah banyaknya orang awam yang juga ingin memiliki website tanpa tenaga ahli berbayar, sudah sepatutnya Anda mempelajari mengenai hosting lebih lanjut.

Layanan hosting yang memiliki fitur lengkap haruslah ditambah dengan faktor KECEPATAN, BANTUAN dan KEAMANAN  yang memadai. Selain ketiga faktor utama tersebut, faktor lain yang harus diperhatikan terutama jika website Anda mengalami perkembangan dengan kebutuhan trafik yang lebih besar yaitu SKALABILITAS untuk meng-upgrade  layanan agar sesuai dengan kebutuhan website.

Biaya layanan hosting dapat dimulai dari puluhan ribu hingga puluhan juta per bulan. Apabila Anda mencari di Google layanan hosting lokal, ada banyak sekali layanan hosting yang tersedia dengan beragam biaya dan fitur yang ditawarkan.

Perlu diingat kembali, harga bukanlah faktor utama dari mencari suatu hosting. Ada banyak penyedia layanan hosting yang menyediakan kapasitas puluhan gigabytes dengan harga kaki lima, tapi apakah tiga faktor utama juga diberikan kepada konsumen?

Penyedia layanan hosting termasuk juga di dalam dunia bisnis referral. Jadi, jika Anda ingin menjual hosting maka ada banyak penyedia layanan hosting yang memberikan Anda kesempatan sebagai kaki tangan tanpa perlu modal sepeser pun. Umumnya, dukungan layanan kepada konsumen tetap dipegang oleh tangan pertama. Namun, apabila dukungan layanan konsumen dipegang pihak referral, sebaiknya Anda berpikir dua kali untuk menggunakan layanan hosting tersebut.

Berikut beberapa tips untuk memilih layanan hosting agar kebutuhan Anda dan website dapat senantiasa terpenuhi.

 Uji coba

Sebelum Anda menyewa hosting, Anda harus mencari keunggulan yang ditawarkan dari pihak penyedia layanan. Tentu saja, faktor kecepatan,  bantuan dan keamanan harus ada di janji-janji manis yang ditawarkan kepada konsumen.

Jangan menyewa hosting langsung dengan masa penyewaan yang lama dari penyedia layanan hosting yang belum pernah Anda jelajahi. Gunakan fasilitas trial jika disediakan penyedia layanan hosting atau sewalah hosting dalam waktu singkat saja agar Anda dapat menjajal hosting untuk bekal kemahsyuran domain Anda.

 Estimasi Trafik

Umumnya, penyedia layanan hosting mematok biaya hosting berdasarkan kapasitas penyimpanan dan penggunaan bandwidth. Bandwidth merupakan ukuran dari berapa banyak bytes yang dapat digunakan atau halaman yang dapat dibuka dalam periode tertentu misalnya untuk setiap bulan. Jika estimasi pengunjung website hanya sedikit maka bandwidth yang diperlukan tidak perlu besar, namun jika Anda berekspektasi website dapat viral dan dibombardir dengan pengunjung maka carilah layanan hosting dengan penggunaan bandwidth yang besar.

Jika bandwidth dari website habis maka website tidak dapat diakses dalam periode tertentu.

Sederhananya, jika website terdapat banyak halaman dengan konten yang berat seperti galeri gambar hingga video, carilah layanan hosting dengan bandwitdh yang besar, namun jika website hanya berisi beberapa halaman dengan tulisan saja, bandwidth sepertinya bukan hal yang terlalu penting.

 Fasilitas Bantuan

Secara umum, konsumen diberi akses bantuan melalui live chat dan ticket apabila terjadi permasalahan yang berhubungan dengan hosting. Untuk konsumen yang lebih eksklusif, akses bantuan biasanya berupa email dan telepon. Perhatikan juga waktu yang dapat digunakan dalam meminta bantuan. Apakah dukungan 24 jam atau tidak? Jembatan yang menghubungkan Anda dan penyedia layanan hosting perlu diperhatikan agar kebutuhan atau permasalahan pada website dapat cepat teratasi seperti isu keamanan, patching aplikasi hingga proses backup.

 Jenis  Server

Hosting yang paling murah pastilah tersedia sebagai shared hosting, dimana satu komputer server bisa menampung ribuan website. Performa ketika mengakses suatu website akan tergantung dengan pengaksesan website yang lain. Apabila ada banyak website lain yang diakses secara bersamaan dengan website Anda maka kecepatan akses tentu saja dapat berkurang. Jenis shared hosting juga biasanya terdapat batasan seperti ketentuan service yang dapat dijalankan dan lainnya. Perlu diingat, ada query database yang terus menerus maka website Anda dapat dihentikan sementara oleh pihak penyedia hosting dengan alasan penggunaan CPU yang terlalu tinggi.

Jenis server lainnya yaitu VPS (Virtual Private Server) dimana biasanya dijalankan di dalam satu virtual machine (komputer yang disimulasikan) untuk satu website.  Di dalam satu komputer server pun dapat menaruh beberapa VPS namun performa hosting VPS masih lebih baik dibandingkan shared hosting.

Jika Anda tidak ingin berbagi performa website dengan website lainnya, Anda dapat memilih dedicated server yaitu komputer server yang khusus melayani website Anda. Prinsipnya mirip dengan komputer yang berada di meja kerja Anda namun komputer ini berada di data center penyedia layanan. Diperlukan pemahaman manajemen sistem agar tidak mubazir dalam memakai jenis server ini.

Jenis server terakhir yaitu cloud server dimana biasanya disediakan oleh perusahaan raksasa seperti Amazon Web Services atau Microsoft Azure. Penyedia layanan dapat mengkondisikan kebutuhan teknis dari konsumen inginkan. Keuntungan dari cloud server yaitu skalabilitas yang mudah, misalnya ketika Anda hendak dapat mengatasi lonjakan trafik yang besar maka cukup bayar pihak penyedia tanpa perlu memindahkan hosting atau mulai dari awal kembali.

Fitur Pengamanan

Tidak mudah untuk mengecek suatu layanan hosting aman atau tidak. Shared hosting dan VPS lebih rentan terkena ancaman cyber karena jika ada hacker atau malware yang menyusup di server, maka semua website yang terdapat di server dapat terancam. Pada kondisi ini, pastikan layanan hosting memiliki fitur untuk mem-backup data secara rutin. Jika layanan hosting yang menjunjung tinggi nilai keamanan pastinya memiliki fitur SSL dan SFTP.

Apabila Anda membutuhkan keamanan yang terjamin, penyedia layanan hosting ada yang menyediakan fitur RAID yang bertujuan untuk melindungi data. File Anda akan tetap aman meskipun sistem crash. Tentu saja dibutuhkan biaya lebih untuk menikmati fitur ini.

Lokasi data center pun perlu dipertimbangkan. Apakah berada di lokasi yang memang terkenal untuk pusat penyimpanan data yang anti gempa, suplai listrik yang stabil dan lainnya.

 Jangan Tergiur Promo

Promo pasti berakhir selanjutnya Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih tinggi. Apabila Anda hanya membayar puluhan ribu untuk kapasitas penyimpanan dan penggunaan bandwidth yang tidak terbatas, sepatutnya Anda curiga dengan layanan yang ditawarkan, misalnya ada penyisipan iklan atau pembatasan layanan setelah tahapan tertentu.

Kesimpulan

Pastinya, sebelum menyewa hosting, Anda harus menyesuaikan spesifikasi hosting yang dapat menjalankan website Anda, misalnya versi PHP, akses FTP, jumlah database, adanya kebutuhan aplikasi/service tertentu dan lainnya.

Layanan hosting yang bagus tentunya dapat diakses kapan saja atau memiliki uptime di atas 99% sehingga website tetap dapat diakses setiap saat. Ada banyak layanan online untuk mengecek uptime atau kehandalan suatu penyedia layanan hosting yang dapat Anda gunakan.

Fitur yang terdapat pada layanan hosting saat ini hampir sudah standar yaitu dengan cPanel, Cron Jobs, Auto Script Installer, Site Backup dan lainnya. Hal yang perlu Anda perhatikan yaitu kebijakan dari penyedia layanan hosting, misalnya adanya larangan terhadap konten tertentu dan lainnya.

Jika Anda benar-benar baru dalam membuat website, shared hosting merupakan pilihan mudah, murah serta gampang dipelihara.

Kembali lagi, faktor kecepatan, bantuan dan keamanan merupakan fitur fleksibel tergantung keprofesionalan penyedia layanan hosting. Oleh karena itu, jika Anda serius mencari hosting yang tepat untuk urusan penting, pastikan ketiga faktor ini terpenuhi oleh layanan hosting.

Niagahoster

Penyedia layanan hosting terpercaya dengan fitur lengkap ini menawarkan waktu akses tercepat, bantuan pelanggan 24 jam, teknologi keamanan yang andal dengan jaminan uptime 99.99% serta garansi uang kembali 30 hari tanpa syarat. Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Niagahoster meliputi gratis domain selamanya untuk pembelian hosting dan komisi afiliasi hingga 70%. Anda pun berhak mendapatkan diskon spesial 35% bagi anggota Niagahoster Developer Club setiap pemesanan baru maupun perpanjangan tanpa menunggu promo khusus. Kini, membuat website pun menjadi mudah dengan 1 klik menggunakan Niagahoster. Info: https://niagahoster.co.id/

(Visited 211 times, 2 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Fajar Anggiawan
Fajar Anggiawan

>> malware researcher - IT translator - journalist <<

Latest
 
 

Read more:
Nokia Android Pertama Siap Untuk Dipasarkan

HMD Global yang merupakan perusahaan resmi brand Nokia membuat suatu yang mengejutkan dunia dalam beberapa minggu yang lalu, karena melihat...

Close