Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


Developer Indonesia Membuat Malware Android Untuk Menyerang Pengguna Windows?

1
Posted March 3, 2017 by Fajar Anggiawan in News

Sebanyak 132 aplikasi Android di Google Play berusaha menginfeksi pengguna dengan malware Windows. Hal ini mungkin sedikit membingungkan karena kedua platform berbeda sehingga memungkinkan aplikasi Android dijalankan di Windows lalu kemudian menginfeksi sistem Windows.

Berdasarkan riset dari Palo Alto Networks, developer dari aplikasi tersebut tidak dapat disalahkan karena penyebaran malware karena kemungkinan besar mereka sendiri merupakan korban dari  penginfeksian malware.

Aplikasi yang menyebarkan malware Windows ini terdapat iFrame tersembunyi yang ternyata terhubung ke domain berbahaya.  Ketika mengembangkan aplikasi, komputer telah terinfeksi oleh malware yang mencari file HTML dan menyisipkan konten berbahaya pada bagian akhir halaman HTML. Sehingga developer pun tidak menyadari adanya insiden ini.

Penemuan malware ini telah dilaporkan ke Google dan 132 aplikasi bermasalah tersebut telah dihapus dari Google Play.  Salah satu aplikasi bermasalah ini telah di-download lebih dari 10.000 kali.

Kesamaan dari aplikasi yang tersisipi oleh konten berbahaya ini yaitu memiliki komponen Android WebView yang menampilkan halaman HTML secara statik dimana setelah terinfeksi malware, komponen jadi terhubung ke domain berbahaya yang berisi malware Windows.

Meskipun aplikasi Android berhasil men-download malware Windows, tentu saja malware tidak dapat aktif di perangkat Android.

Hal yang menarik dari insiden keamanan ini yaitu mayoritas developer berasal dari Indonesia.  Malware apa yang menyerang file HTML dengan menyisipkan iFrame berbahaya? Salah satunya adalah Ramnit.  Bagaimana pun juga malware yang sempat ada di Google Play tidak akan mengakibatkan ancaman keamanan bagi pengguna Android.

(Visited 164 times, 1 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Fajar Anggiawan
Fajar Anggiawan

Happiness has many roots, but none more important than security.

Latest
 
 

Read more:
Baidu PC Faster 5.0

Baidu PC Faster menyediakan sebuah sistem All-in-one toolbox untuk meyakinkan bahwa PC sedang berjalan pada parameter terbaik. Indikasi ini dapat dinilai dari...

Close