Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


Hati-Hati Serangan Malware Ransomware Pada Chrome Anda

0
Posted February 2, 2017 by Edi Sudrajat in Tips

Dalam beberapa pekan lalu, ada kabar yang sangat mengkhawatirkan bagi para pengguna internet mengenai serangan malware yang menargetkan pengguna Chrome di Windows. Pertama kali kami melihat pada akhir tahun 2016, malware ini menggunakan EITest yang di kenal dalam pencurian identitas, Ransomware dan berbagai serangan jenis lain.

 

Peneliti keamanan di Proofpoint telah merilis pada bulan lalu malware yang menargetkan pengguna Chrome di Windows. Pada awalnya EITest di shared melalui situs hacks resmi dan kemudian menambah JavaScript yang akan menyebabkan halaman memunculkan pop up peringatan. Peringtan ini meminta Anda untuk men-download Font Pack Chrome, membuat halaman Chrome tidak dapat di “Exit” atau menutup halaman. Hal ini dipastikan bahwa akan ada banyak pengguna yang terperangkap oleh  malware ini.

Malware ini terus memperbaharui taktik rekayasa social, Brad Cuncan dari Palo Alto Network telah melaporkan  bahwa kini telah diganti dengan ransomware Spora. Meskipun infeksi sama dengan Ransomware seperti mengenkripsi data korban dan yang lebih parahnya lagi menuntut uang tebusan.

Dalam versi sebelumnya, dengan memasang sebuah file bernama Chrome_Font.exe

Namun sekarang file telah berubah namanya menjadi Update.exe yang merupakan installer untuk Spora Ransomware. Setelah pengguna memasang executable ini, Spora akan mulai mengenkripsi data Anda.

Namun, ada kabar baiknya. Ransomware ini membutuhkan download dan install secara manual. Karena menggunakan situs resmi Google, ada kemungkinan yang cukup tinggi akan menipu pengguna tanpa disadari dalam menginstall executable ini.

Saat ini, tidak ada cara untuk mendekripsi file yang dienkripsi oleh Spora Ransomware.  Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberitahukan kepada Anda untuk berhati –hati dalam menjalankan  executable, mudah-mudahan lebih banyak pengguna yang sadar akan adanya virus Ransomware ini. Sekali lagi,  jika pada Chrome Anda menampilkan popup yang muncul memperbarui Chrome Font Pack jangan sampai Anda mendownload atau bahkan menginstallnya.

(Visited 369 times, 1 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook16Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Edi Sudrajat


Latest
 
 

Read more:
Menanti Terobosan Edge Pada Mobile

Dapat dibilang, dengan rilisnya Windows 10, browser Microsoft Edge dimaksimalkan untuk mampu menyaingi Google Chrome dan Mozilla Firefox. Namun, apakah...

Close