Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


Anda Bekerja di Bidang IT? CentOSin Aja!

0
Posted February 2, 2017 by admin in Software

CentOS adalah sistem operasi bebas yang didasarkan pada Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Proyek ini berusaha untuk 100% kompatibel dengan produk hulunya (RHEL). .CentOS singkatan dari Community ENTerprise Operating System (Sistem Operasi Perusahaan buatan Komunitas/Masyarakat) yang merupakan proyek independen.

Tetapi kenapa harus CentOS? Apakah sistem operasi ini sangat cocok dalam dunia pekerjaan? Apakah sistem operasi ini memungkinkan untuk sebuah perusahaan dalam menjaga keamanan datanya? Tentu jawabannya iya. Sistem operasi ini sangat mendukung penuh untuk sebuah institusi/perusahaan karena jika di dalam suatu kondisi perusahaan anda ingin menghemat pengeluaran maka anda tidak perlu pusing untuk membeli software berbayar atau sistem operasi berbayar.

CentOS ini adalah sistem operasi yang tidak berbayar, bahkan saat anda meng-install sistem operasi ini anda tidak perlu khawatir ketika ada driver yang tidak kompatibel dengan sistem operasi ini, CentOS merupakan duplikasi dari RHEL, bisa dibilang bahwa CentOS ini 99% mirip dengan Red Hat maka tidak perlu khawatir dengan driver yang tidak kompatibel dengan sistem operasi ini. CentOS lebih banyak digunakan sebagai server sebuah institusi maupun data center karena pada umumnya centOS masih belum banyak digunakan untuk masyarakat umum yang belum mengetahui tentang sistem operasi ini yang sangatlah friendly bagi user, oleh karena itu pengamanan terhadap sistem operasi ini sangatlah kuat. Contohnya saja ketika user memasukkan username dan password, CentOS memakai algoritma MD5 yang sangat terjamin keamanannya untuk pencurian data center dari suatu institusi ataupun perusahaan.

Apa itu Algoritma MD5 pada CentOS? Mungkin algoritma ini masih belum banyak diketahui oleh banyak orang, tidak seperti algoritma buble sort, tree sort yang umumnya pada kalangan IT sudah mengetahui algoritma ini. MD5 adalah salah satu penggunaan fungsi hash (hasil enkripsi dari sebuah password atau informasi yang dianggap penting), yang paling banyak digunakan MD5 merupakan fungsi hash kelima yang dirancang oleh Ron Rivest, algoritma ini secara garis besar adalah mengambil pesan yang mempunyai panjang variable diubah menjadi suatu ‘sidik jari’ atau ‘intisari pesan’ yang mempunyai panjang tetap yaitu 128 bit atau 16bytes (32 karakter), contoh: terdapat kata hello world maka algoritma MD5 ini akan melakukan konversi kata tersebut menjadi sebuah sidik jari seperti 5eb63bbbe01eeed093cb22bb8f5acdc3, sidik jari ini tidak dapat dibalik untuk mendapatkan pesan, dengan kata lain tidak ada orang yang dapat melihat pesan dari sidik jari yang dilakukan oleh MD5 tersebut.

Jadi, cukup terbukti bahwa pengamanan pada sistem operasi pada CentOS ini sudah begitu kuat walaupun yang dilihat dari sisi kecil nya saja seperti penulisan username dan password untuk login. Jadi cocok untuk pengamanan pada perusahaan yang sangat menganggap bahwa sebuah data itu sangat penting.

CentOS ini merupakan sistem operasi yang begitu mudah pemakaiannya, terutama dalam mengupdate sistem operasi ini. CentOS sendiri sudah mempunyai paket-paket tertentu untuk mengupdate suatu file secara otomatis dengan hanya mengetikkan suatu perintah yaitu #yum update pada command di CentOS, ketika terjadi error dalam mengupdate CentOS ada beberapa cara untuk mengatasinya, dengan menggunakan: yum clean all lalu reboot, atau yum clean all->yum –v check-update->yum update, cukup mudah bukan?

Sebuah institusi biasanya memakai CentOS ini sebagai server ataupun data center, salah satu tujuan institusi menggunakan CentOS karena sistem operasi ini dapat dipelihara atau dapat dikembangkan sewaktu-waktu begitu juga dengan cara mengatasi error dapat di pelajari lebih lanjut karena adanya pemeliharaan terhadap sistem operasi,

Perusahaan/institusi juga tentu membutuhkan sistem operasi jangka panjang untuk dilakukannya, oleh karena itu CentOS sangat cocok untuk penggunaan pemeliharaan jangka panjang.

Dalam perusahaan pasti membutuhkan website untuk mempromosikan perusahaan tersebut dan perusahaan tersebut bergerak di bidang apa, user tidak perlu khawatir tentang isu bahwa CentOS tidak kompatibel dengan web hosting apa pun, sebaliknya CentOS justru didukung penuh oleh cPanel. cPanel adalah web hosting control panel yang paling popular di dunia, fasilitas ini memudahkan pemilik account hosting untuk mengatur fasilitas web hosting. Pada cPanel anda dapat menemukan banyak fitur seperti pengelolaan database yang sangat cocok untuk sekelas perusahaan yang menampung identitas karyawan agar datanya tertampung dalam database tersebut, serta data seperti gaji, bonus, jumlah cuti dan lain lain.

Kesimpulan

CentOS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh komunitas maupun masyarakat, sistem operasi ini sangat user friendly terutama bagi masyarakat yang ingin mengeksplorasi lebih dalam tentang CentOS. CentOS sangat cocok bagi perusahaan yang notabene sangat menjaga data penting yang ada di perusahaan itu sendiri dan dijadikan sebagai server/data center di dalam perusahaan karena pengamanan di dalam sistem operasi yang sudah sangatlah baik. Untuk mengupdate CentOS ini tidaklah rumit hanya menggunakan sedikit script untuk mengatasi update tersebut. Perusahaan tentu membutuhkan sistem operasi yang akan dipakai untuk jangka panjang, begitu juga dengan pemeliharaannya yang tidak rumit, maka CentOS lah solusinya.

Penulis: Rafii Rizqullah

(Visited 480 times, 2 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook5Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

admin
admin


Latest
 
 

Read more:
Celah Privasi Pada W3C Web Bluetooth API

Pakar sekuriti bernama Lukasz Olejnik mengidentifikasi adanya celah keamanan pada W3C Web Bluetooth API yang berpotensi membocorkan informasi perangkat hingga...

Close