Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


Selamat Jalan Arch Linux ISO 32-bit

0
Posted January 26, 2017 by Edi Sudrajat in News

Pengembang Arch Linux Bartlomiej Piotrowski mengumumkan akan adanya depresiasi untuk sistem operasi berbasis 32-bit (x86).

Untuk saat ini, pengumuman ini hanya sebagai draft pesan di arch-dev-public mailing list  mereka, tetapi akan segera diterbitkan di website resmi Arch Linux untuk semua pengguna, dan akan segera diterbitkan di website resmi Arch Linux pada tanggal 1 Februari 2017 untuk semua pengguna, rilis Arch Linux akan menjadi yang terakhir tersedia sebagai dual ISO image, untuk kedua 64-bit dan 32-bit.

Dimulai dengan 1 Maret, 2017, rilis resmi Arch Linux ISO tidak akan menjadi dual ISO image, tetapi hanya 64-bit image, yang berarti bahwa Anda tidak akan dapat menginstal di komputer sistem operasi pada 32. Namun,  dukungan untuk sistem 32-bit yang ada tidak akan dihapus dalam waktu dekat.

Karena tingkat popularitas x86 menurun antara pengembang dan masyarakat, kami telah memutuskan untuk phase out dukungan ini,” kata Bartlomiej Piotrowski. “Keputusan itu berarti bahwa Februari ISO akan menjadi yang terakhir yang memungkinkan untuk menginstal Arch Linux 32-bit . 9 bulan ke depan adalah periode depresiasi, di mana x86 akan masih menerima paket upgrade.”

 

Arch Linux untuk 32-bit bisa didapatkan dari pengembang tidak resmi

Tidak perlu panik jika Anda menggunakan Arch Linux pada sistem 32-bit, karena paket update akan disediakan untuk Anda melalui sumber resmi, sampai akhir Oktober 2017. Dari November 2017 dan seterusnya, dukungan untuk x86 menjadi hangus, tapi ada kemungkinan bahwa masyarakat dapat memberikan kontribusi  untuk 32-bit untuk jangka waktu lama.

Bagi yang berminat untuk menjaga 32-bit masih tetap berjalan dianjurkan menghubungi para pengembang Arch Linux melalui sumber resmi dan dengan bimbingan mereka. Kami juga merekomendasikan membaca forum untuk informasi lebih lanjut tentang masalah ini.

(Visited 133 times, 1 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Edi Sudrajat


Latest
 
  • Huion H640 H950
 

Read more:
BenQ MW883UST/MX882UST Memimpin Kelas Proyektor Ultra Short-Throw dalam Proyeksi Pendidikan dengan Fleksibilitas dan Kualitas Gambar Tak Tertandingi

Direct release – BenQ, pembuat inovasi produk-produk proyeksi ground-breaking yang diakui secara internasional, di persaingan sekolah yang semakin ketat, meluncurkan proyektor...

Close