Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


Selidiki Reputasi Website

0
Posted December 31, 2016 by Joko Nurjadi in Know How

Kepercayaan itu tidak mahal, hanya tidak dapat dibeli.

Masalah kepercayaan juga berlaku untuk setiap website di Internet. Kepercayaan akan membangun reputasi, reputasi yang baik membuat website tersebut terus bertahan. Namun proses itu tidak terjadi dalam semalam. Lihat perjuangan Wikipedia.org, tidak mudah membangun reputasi dengan konsep free-content yang dapat dibuat/ ubah/ hapus oleh siapa pun. Awalnya susah dipercaya bahwa konten gotong-royong yang diusung Wikipedia dapat menghasilkan konten yang akurat. Namun lihatlah saat ini, konten-konten di Wikipedia banyak menjadi referensi Internet karena tingkat akurasinya yang tinggi.

Nila Setitik Rusak Susu Sebelanga

Peribahasa terkenal “karena nila setitik, rusak susu sebelanga” merupakan ungkapan bahwa suatu kesalahan kecil dapat merusak seluruh hal yang baik. Ini mungkin saja terjadi pada suatu website. Bayangkan sebuah website berita yang selama ini memiliki reputasi baik, tiba-tiba menampilkan sebuah halaman berita berisi hoax. Jika hal ini terjadi, ada kemungkinan reputasi website tersebut akan menurun. Dari sini kita memahami bahwa salah satu penilaian reputasi website tergantung dari halaman-halaman (konten) di dalamnya.

Namun di sisi lain, bisa terjadi hal sebaliknya. Satu atau beberapa halaman yang buruk tidaklah berpengaruh pada reputasi website. Contohnya lagi-lagi adalah Wikipedia, antara satu artikel dengan artikel lainnya di Wikipedia tidaklah berhubungan. Penulis dan kualitas artikel-artikelnya berbeda tanpa ada penanggung jawab. Jadi tidak bisa dikatakan semua artikel di Wikipedia itu akurat. Terutama untuk topik yang tidak populer, bisa jadi artikelnya tidak up to date dan mengandung beberapa kesalahan. Namun halaman-halaman seperti ini tidak mengurangi reputasi Wikipedia secara signifikan.

Yang bisa kita pelajari dari sini, reputasi dibangun perlahan dimulai dari satu demi satu halaman website. Jadi jika ingin membangun website dengan reputasi yang baik, perhatikan sungguh-sungguh kualitas setiap halaman yang dibuat.

Halaman Website

Suatu halaman website yang baik adalah saat ia memenuhi ekspektasi user dan memiliki kualitas yang tinggi. Ini ditunjukkan dengan konten utama. Sebagai penunjang halaman, mungkin Anda sering melihat iklan atau konten sekunder seperti backlink atau widget-widget. Hal ini tidak bermasalah selama user masih dengan mudah dapat membedakannya dari konten utama dan tidak mempersulit user. Konten yang berkualitas dibuat agar memuaskan user, oleh karena itu tentu tidak berbahaya kecuali karena disebabkan oleh dari pihak lain (contoh: disusupi malware).

Salah satu contoh halaman website dengan konten utama yang mudah terlihat ditunjukkan pada Gambar 1. Walaupun terdapat iklan, menu, dan link artikel lain, tetapi tidak sampai mengganggu user.

konten

Gambar 1. Konten utama sebuah halaman website.

Sebaliknya perhatikan Gambar 2. Ini adalah contoh halaman website yang sebenarnya tidak memiliki konten yang berguna dan hanya berusaha membuat user tertarik mengklik artikel atau link yang tampil. Namun jika user mengkliknya, akan mengarah pada website lain yang tidak berhubungan yang sebenarnya hanya mencari uang dari klik iklan.

forex

Gambar 2. Konten yang menipu user.

Website yang memiliki banyak halaman website seperti pada Gambar 1 tentu akan lebih mudah mendapatkan reputasi yang baik, sedangkan website dengan konten seperti pada Gambar 2 hanya akan membuat user frustasi dan memberikan pengalaman yang buruk bagi user. Mudah untuk membedakannya. Tetapi tidak semua website dapat jelas dinilai reputasinya, terkadang Anda perlu berlaku seperti detektif untuk menyelidiki apakah website tertentu layak mendapatkan predikat yang baik.

Telusuri Reputasi Website

Konten yang baik membangun reputasi website, tetapi reputasi website tidak hanya ditentukan oleh konten. Kita dapat menilainya juga dari review-review pihak lain, atau dari informasi website itu sendiri.

Informasi website umumnya dapat kita temui dengan mudah pada menu seperti About Us, Contact Us, dan seterusnya. Misalnya pada website berita, kita akan lebih mempercayai reputasi website tersebut jika memiliki alamat lengkap dan kontak yang dapat dihubungi.

Pembaca yang objektif tidak bisa mempercayai kebenaran konten berita pada suatu website yang tidak mencantumkan informasi diri yang jelas.

Dalam hal ini, beberapa pihak website berita anonim mungkin saja membela diri dengan menuding Wikipedia.org pun tidak mencantumkan informasi yang jelas. Ini perbandingan yang tidak apple to apple, artikel Wikipedia yang akurat menampilkan kutipan (citation) referensi dari website yang terpercaya pula. Contohnya artikel Wikipedia mengenai H2O2 (https://en.wikipedia.org/wiki/Hydrogen_peroxide) yang mencantumkan 80 referensi valid yang dapat dicek langsung (Gambar 3).

wiki

Gambar 3. Artikel tentang H2O2 di Wikipedia.

Akan tetapi kembali pada fungsi website itu sendiri. Sebuah blog pribadi mungkin cukup mencantumkan alamat e-mail pada informasi About Us/ Contact Us dan tetap dapat memiliki reputasi yang baik, bisa jadi karena kontennya bermanfaat dan mendemonstrasikan keahlian di bidang tertentu seperti IT, ekonomi, kuliner, dan lain-lain.

Bagaimanapun juga, untuk website yang menyangkut aspek penting kehidupan, informasi lengkap tidak dapat ditawar. Misalnya website rumah sakit atau bank. Website-website ini harus menunjukkan keautentikan sehingga visitor yakin telah mengunjungi website resmi milik organisasi yang bersangkutan.

Membongkar Klaim

Keterangan pada website merupakan salah satu faktor untuk menilai reputasi, namun hati-hati dengan informasi yang hanya merupakan klaim sepihak. Untuk penilaian yang akurat, kita harus membandingkannya dengan review dari website lain. Mirip dengan toko obat yang mengklaim produknya yang terbaik, namun benarkah demikian? Apakah user mendapatkan manfaatnya? Mari pelajari cara penelusurannya.

Sebagai contoh, baru-baru ini penulis mendapatkan informasi adanya website http://www.ultimate4trading-id.com/ (Gambar 4).

ultimate

Gambar 4. Ultimate4trading-id.com.

 

Ini adalah website yang menawarkan algoritma trading. Banyak hal bombastis yang dapat kita baca dari websitenya: akurasi di atas 70%, algoritma trading revolusioner, algoritma ini telah membuat penciptanya hidup mewah. Setelah menghasilkan kekayaan yang signifikan, pencipta algoritma ini memberikannya pada masyarakat secara gratis. Ada juga testimoni dari banyak user yang puas menggunakannya.

Secara logis, ini adalah website yang menjual mimpi. Tapi kita belum menemukan bukti, siapa tahu memang ada orang yang telah kaya raya lalu membeli domain dan membuat website yang terlihat profesional, dan membagikan algoritma tradingnya secara gratis.

Mari melanjutkan penelusuran dengan mencari About Us/ Contact Us. Tampaknya satu-satunya kontak yang diberikan hanyalah berupa e-mail. Tidak ada alamat, live chat, telepon, fax, badan usaha, atau lainnya yang meyakinkan bahwa website ini terpercaya.

Kita dapat mengumpulkan data lebih lanjut melalui website lain. Data Whois dapat memberikan keterangan teknis yang mungkin berguna. Silakan akses http://whois.domaintools.com/ultimate4trading-id.com (Gambar 5).

whois

Gambar 5. Informasi Whois.

Salah satu informasi menarilk yang kita dapatkan di sini adalah kapan domain tersebut dibuat. Pada salah satu baris tertera:

Created on 2016-05-09 – Expires on 2017-05-09

Artinya domain ini dibuat 9 Mei 2016 (sekitar 1-2 bulan sebelum tulisan ini dibuat), dan akan expired tahun depan. Domain ini tampaknya memang hanya dipersiapkan setahun. Walaupun tidak wajib, namun usaha yang serius umumnya akan mempersiapkan domain selama beberapa tahun ke depan. Informasi registrar yang sebenarnya juga tidak diketahui.

Sampai langkah ini penelusuran ultimate4trading-id.com tidak menghasilkan reputasi yang baik, bahkan sebaliknya semakin menimbulkan kecurigaan. Kita masih dapat melanjutkan penyelidikan dengan bantuan Google. Pada Google, ketik:

ultimate4trading-id.com -site:ultimate4trading-id.com

Query di atas menginstruksikan Google untuk mencari keyword ultimate4trading-id.com di luar domain itu sendiri, sehingga hasil yang tampil berasal dari website pihak lain (Gambar 6). Diharapkan kita akan mendapatkan informasi atau review mengenai ultimate4trading-id.com dari website lain.

google

Gambar 6. Pencarian Google.

Aha! Pada hasil pencarian baris ketiga kita menemukan domain ultimate4trading-penipuan.com! Apakah berarti sudah ada bukti bahwa ultimate4trading adalah penipuan? Jika Anda klik link tersebut, ternyata isinya justru kalimat-kalimat marketing agar Anda bergabung dengan ultimate4trading sambil meyakinkan Anda bahwa ultimate4trading bukanlah penipuan. Domain ini tampaknya sengaja dibuat agar user yang mencoba menyelidiki kebenaran ultimate4trading (seperti yang dilakukan sekarang) akan menemukan domain ini. Trik yang menarik jika dibuat untuk mengalihkan pencarian.

Jika Anda membandingkan lagi dengan data whois di http://whois.domaintools.com/ultimate4trading-penipuan.com, terlihat domain ini dibuat tidak lama setelah ultimate4trading-id.com, juga sama-sama berlindung di nama Moniker sebagai registrar. Moniker bukanlah registrar yang sebenarnya, namun hanya berlaku sebagai layanan registrar. Kesimpulannya? Besar kemungkinan dua domain ini dibuat oleh pihak yang sama.

Karena website ini terhitung baru, masih sulit dicari review dari pihak lain. Umumnya Anda dapat memeriksa reputasi website yang menawarkan hal-hal seperti (investasi, money game) ini melalui www.scamvoid.com. Namun saat ini jika Anda mengakses http://www.scamvoid.com/check/ultimate4trading-id.com maka akan diinformasikan website ultimate4trading-id.com masih tidak dapat ditentukan reputasinya.

Satu cara terakhir untuk menyelidiki reputasi website ini adalah dengan “terbujuk” penawaran, buat akun dan lihat apa yang terjadi. Maka setelah login, Anda akan melihat demo software dengan uang virtual yang jika Anda coba mungkin memang banyak menangnya, tapi tidak ada rincian dan detail yang jelas.

Jika Anda mencoba mendaftar untuk trading yang sesungguhnya, Anda akan diarahkan pada broker options EZTrader. Tampaknya inilah jawaban akhir apa fungsi website ultimate4trading-id.com, yaitu sebagai ajang promosi.

Lebih Banyak yang Buruk

Setiap hari website baru muncul, lebih banyak yang tidak bermanfaat atau berusaha mencari keuntungan singkat ketimbang mulai membangun reputasi. Untungnya, search engine populer memiliki algoritma tersendiri untuk menyaring website berbahaya dari user. Tapi Anda mendapatkan informasi website tidak hanya dari search engine, namun juga dari jejaring dan media sosial. Saat itu, bersikaplah kritis dan selidiki reputasi website yang Anda temui. Terutama jika Anda merasakan kejanggalan pada konten dan informasi yang diberikan.

 

(Visited 132 times, 1 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Joko Nurjadi
Joko Nurjadi

... just another name and form.

Latest
 
  • Huion H640 H950
 

Read more:
Assassin’s Creed Syndicate Rilis di Bulan November 2015

Assassin's Creed Syndicate tidak akan dirilis hingga bulan November 2015. Melalui UbiBlog, sang publisher Ubisoft mengatakan bahwa versi PlayStation 4...

Close