Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


Deutsche Telekom Disinyalir Menjadi Sumber DDoS Dahsyat

0
Posted December 2, 2016 by Fajar Anggiawan in News

Serangan cyber yang memanfaatkan hampir satu juta router yang digunakan untuk mengakses layanan Internet berasal dari Deutsche Telekom yang merupakan bagian dari gelombang serangan dengan menargetkan perangkat yang terhubung ke web di seluruh dunia. Analisa ini disampaikan oleh pemerintahan Jerman dan pakar sekuriti mengenai insiden yang menimpa pengguna Internet di Jerman.

Pernyataan dari German Office for Information Security atau BSI memicu kekhawatiran akan meningkatnya serangan cyber yang mengganggu layanan Internet dengan cara mengeksploitasi celah keamanan yang terdapat di webcam, perekam video digital dan perangkat yang terhubung ke web lainnya.

Pakar sekuriti mengatakan jika penginfeksian dengan metode yang sama juga menyerang Brazil, Inggris dan Irlandia. Serangan yang memukau ini telah membuat jutaan pengguna Internet di Amerika Serikat dan Eropa tidak dapat mengakses website seperti PayPal Holdings Inc , Twitter Inc dan Spotify.

BSI juga mengatakan jika jaringan pemerintahan Jerman dijadikan targer serangan yang berasal dari perangkat konsumen Deutsche Telekom, meskipun demikian sistem dapat terjaga dengan baik.

Deutsche Telekom merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Jerman menyatakan jika jumlah perangkat konsumen yang terinfeksi  sebanyak 900.000 atau 4.5% dari konsumen tetapnya.

Operator telekomunikasi Eir and Vodafone Group di Inggris menggunakan router yang memiliki celah keamanan yang sama dari ancaman yang terjadi. Hal ini diungkapkan pakar sekuriti Rapid7, Tod Beardsley.

Flashpoint, perusahaan riset keamanan cyber mengatakan jika router yang terinfeksi berada di Brazil, Inggris dan Jerman.

Eir mengeluarkan pernyataan yang berisi tentang kewaspadaan terhadap modem dari ZyXel Communications Corp buatan Taiwan yang hampir 30% digunakan oleh konsumen Eir.

Vodafone sendiri menolak berkomentar mengenai konsumen mereka apakah juga terinfeksi atau tidak. Namun, mereka bersiaga akan adanya celah keamanan pada router mereka yang berpotensi untuk melakukan serangan Denial of Service (DoS).

Brazilian National Computer Emergency Response Team mengatakan jika mereka masih dalam tahap menganalisa dampak dari serangan di Brazil, tetapi tidak menyebutkan berapa banyak komputer yang telah terinfeksi.

Serangan yang membuat perangkat melakukan DoS hingga membentuk DDoS ini dilakukan oleh malware yang disebut Mirai. Botnet Mirai akan mencari celah keamanan pada perangkat yang terkoneksi dan mencoba menginfeksi sehingga perangkat tersebut menjadi bot yang digunakan untuk penyerangan dalam skala besar untuk menyerang website dan sistem pada jaringan.

Pihak dari Deutsche Telekom telah mengeluarkan permintaan maaf atas gangguan ini dan telah menyediakan informasi lengkap tentang serangan ke operator jaringan lain dan badan-badan keamanan.

Para ahli keamanan mengatakan jika permasalahan pada Deutsche Telekom yaitu konsumen yang menggunakan tiga jenis router yang berasal dari Arcadyan Technology. File patch sendiri sudah dirilis oleh perusahaan Taiwan tersebut.

Sumber serangan sendiri tidak mudah untuk diketahui karena Mirai sendiri sudah dirilis di Internet dan hacker dengan sedikit pengetahuan pun dapat menjadi pihak penyerang.

(Visited 103 times, 1 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Fajar Anggiawan
Fajar Anggiawan

stream to bytes

Latest
 
 

Read more:
Sebagian Besar Aplikasi Komputer Ternyata Sudah Usang. Ini Cara Memperbaikinya

Anggur akan menjadi lebih nikmat seiring bertambah usia namun tidak dengan aplikasi. Kemungkinan, faktor yang diabaikan namun menjadi penyebab utama...

Close