Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


Chrome 53 Hadir Untuk Developer Website

0
Posted September 3, 2016 by Fajar Anggiawan in Software
Chrome 53 Hadir Untuk Developer Website

Pada awal September, Google merilis Chrome 53.0.2785.89 yang merupakan versi stabil dari rilis versi 53. Sama dengan Chrome 52, pada versi terbaru ini juga terdapat banyak fitur untuk developer website .

Fitur utama yang ditawarkan yaitu Shadow DOM yang merupakan suatu metode untuk menggabungkan banyak rangkaian DOM menjadi satu hirarki sehingga untuk membuat suatu website secara dinamis akan menjadi semakin mudah.

Sebelumnya, Chrome telah menghadirkan dukungan untuk Shadow DOM V0 yang merupakan versi standar awal dimana vendor browser masih mengimplemtasikannya dengan cara yang berbeda. Google mengatakan jika saat ini para vendor browser telah setuju untuk menentukan cara bagaimana mengimplemtasikan Shadow DOM yaitu yang terdapat pada V1.

Shadow DOM merupakan standar W3C untuk memasukan komponen di dalam halaman website tanpa mengakibatkan objek yang dimasukan beserta kode induk tidak membuat konflik dengan objek lainnya.

Developer yang hanya membuat beberapa halaman website mungkin tidak membutuhkan fitur Shadow DOM, tapi bagi mereka yang mengerjakan proyek ribuan atau jutaan halaman website dengan puluhan atau ratusan ragam dan komponen, Shadow DOM merupakan solusi untuk melakukan proses modularisasi.

Google akan tetap mendukung penggunaan Shadow DOM V1 dan Shadow DOM V0 pada Chrome hingga mayoritas pengguna telah melakukan migrasi ke versi terbaru.

Di versi terbaru ini, tersedia juga fitur autofill yaitu PaymentRequest API yang mengizinkan developer untuk mempermudah pengguna dalam mengisi form pembayaran.

API baru ini menggunakan metode yang aman dalam menyimpan informasi pengguna di browser dan dapat mengisi form pembayaran kapan saja ketika pengguna berada di dalam halaman untuk checkout.

PaymentRequest API kompatibel dengan Chrome dan Android. Meskipun manfaatnya diperlukan untuk pengguna yang hobi melakukan transaksi pembelian, fitur ini akan terus ditingkatkan oleh Google, mengingat adanya isu malware yang dapat mengambil data pengguna yang tersimpan di dalam browser.

(Visited 227 times, 1 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook2Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Fajar Anggiawan
Fajar Anggiawan

stream to bytes

Latest
 
  • Huion H640 H950
 

Read more:
Microsoft Kalah dari Apple Untuk Urusan Gaming

Microsot memang masih tetap dipercaya sebagai sistem operasi yang digunakan untuk keperluan gaming. Namun, statistik terakhir dari Valve pada plaform...

Close