Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


Top Ancaman Ransomware Terbaru

0
Posted March 16, 2016 by Fajar Anggiawan in News
Top Ancaman Ransomware Terbaru

Meskipun mulai muncul nama-nama baru di dalam keluarga ransomware seperti Cerber, CryptoBit hingga KeRanger yang menyerang OS X, berdasarkan informasi yang dihimpun Fortinet menggunakan teknologi Intrusion Prevention System sehingga mengindentifikasikan CryptoWall, Locky dan TeslaCrypt sebagai 3 ransomware terpopuler.

Popularitas yang dimaksud dalam riset ini yaitu jumlah trafik berdasarkan alamat IP dari komputer yang terinfeksi ke C&C server ransomware.

Locky sendiri mulai ditemukan pada 17 Februari 2016 dan riset ini hingga Locky berusia 2 minggu sudah mencapai peringkat kedua. CryptoWall mencapai peringkat pertama dengan menguasai 83.45% dari semua koneksi.

CryptoWall sendiri memang tergolong ransonmware senior yang di-update secara konstan. Locky yang pemain baru dapat melesak dengan mencapai 16.47% penginfeksian. Alasan meroketnya ransomware baru ini yaitu Locky menggantikan eksistensi trojan banking Dridex yang dioperasikan oleh operator malware profesional dengan metode penyebaran melalui spam yang sudah aktif selama 2 tahun.

TeslaCrypt hanya menguasai 0.08% dari semua koneksi yang ada. Meskipun sempat naik pamor di awal tahun, namun penyebaran TeslaCrypt yang aktif melalui website Joomla dan WordPress terasa kurang greget dalam menghasilkan korban.

Fortinet mengidentifikasikan Amerika Serikat sebagai negara yang paling banyak terkena dampak ransomware disusuli Jepang, Kanda dan Meksiko. Di Indonesia sendiri, laporan serangan ransomware juga ditemukan dan semakin bertambah.

Hindari membuka lampiran email yang dirasa tidak diperlukan baik yang memiliki format dokumen untuk mencegah penyebaran ransomware. Tren penyebaran spam dengan mengirim file seperti .DOC marak digunakan dengan mengkonsepkan file dokumen sebagai downloader untuk mendownload dan mengaktifkan malware di sistem.

(Visited 320 times, 1 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook3Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Fajar Anggiawan
Fajar Anggiawan

stream to bytes

Latest
 
 

Read more:
MSI & Corsair Bergabung Untuk Membuat Water Cooled GTX 980 Ti

MSI dan Corsair telah bekerjasama untuk membuat GeForce GTX 980 Ti dengan liquid cooler. MSI menamai trobosan ini dengan nama...

Close