Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


Menganalisa Sistem Menggunakan Farbar Recovery Scan Tool

0
Posted March 2, 2016 by Fajar Anggiawan in Software
Menganalisa Sistem Menggunakan Farbar Recovery Scan Tool

Aplikasi yang berukuran kecil dan ringan ini dapat dijadikan senjata bagi teknisi komputer untuk membersihkan malware yang menginfeksi sistem. Diperlukan pemahaman terhadap sistem Windows untuk memanfaatkan aplikasi ini secara maksimal.

Cara kerja aplikasi ini dengan mencari semua entry yang berhubungan dengan lokasi malware untuk dapat aktif di setiap startup atau lokasi yang umumnya dimodifikasi oleh malware.

Aplikasi yang bersifat portable ini akan membuat file FRST.txt ketika proses scan selesai. Durasi proses scan pun tergolong relatif cepat.

Lokasi atau objek yang discan oleh aplikasi ini meliputi Processes, Registry, Internet, Services, Drivers dan file yang baru dibuat dan dimodifikasi selama sebulan terakhir. Dengan adanya informasi yang disajikan oleh Farbar Recovery Scan Tool, Anda dapat menganalisa objek yang mencurigakan dan dengan aplikasi ini Anda dapat membuat script untuk menghapus atau menonaktifkan objek yang mencurigakan tersebut.

Farbar Recovery Scan Tool dapat dijalankan di Normal Mode maupun Safe Mode sehingga ketika sistem bermasalah sekalipun di Normal Mode, Anda dapat menganalisa dan memperbaiki sistem yang terinfeksi.

Berdasarkan objek yang mencurigakan, Anda cukup copy-paste baris yang bermasalah di file FixList.txt. File ini ditaruh di folder yang sama dengan aplikasi berada. Ada beberapa perintah dari menghapus file, mematikan proses, memodifikasi registry, menonaktifkan service, mereset file hosts, hingga menjalankan perintah CMD.

Jika Anda seorang yang memiliki pemahaman tenteng internal sistem Windows dan hendak menganalisa suatu sistem dari penginfeksian malware, maka aplikasi dapat diandalkan. Perlu diingat, aplikasi ini bukan untuk membersihkan sistem dari virus yang menginfeksi file. Malware seperti adware, worm, trojan, toolbar, atau spyware dapat menjadi spesialisasi dari Farbar Recovery Scan Tool.

Download: http://www.bleepingcomputer.com/download/farbar-recovery-scan-tool/

(Visited 632 times, 1 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Fajar Anggiawan
Fajar Anggiawan

stream to bytes

Latest
 
  • Huion H640 H950
 

Read more:
Cooler Master Tunjuk Nusantara Jaya Teknologi (NJT) Sebagai Distributor Resmi di Indonesia

Jakarta, INDONESIA – Cooler Master, sebagai perusahaan terkemuka dalam desain dan manufaktur komponen-komponen komputer dan periferal, pada hari ini mengumumkan...

Close