Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


Dinamika FBI vs Apple

0
Posted March 16, 2016 by Fajar Anggiawan in News
Dinamika FBI vs Apple

Kisruh antara FBI dan Apple mengenai permintaan dibuatkannya backdoor pada iOS menyangkut urusan kriminalitas kian memanas.  Obama sendiri ikut berkomentar mengenai hal ini dengan menyatakan bahwa Apple seharusnya membantu untuk menjebol iPhone pada kasus San Bernardino yang telah diminta oleh FBI untuk memerangi aksi terorisme.

Eddy Cue, salah satu petinggi Apple mengatakan jika Apple ternyata kalah di kasus tuntuan FBI, akses kamera pada iPhone dapat leluasa dilakukan sehingga privasi setiap orang akan terancam.

Apple sendiri melalui CEO-nya Tim Cook berpendapat jika menjebol ponsel yang telah dibeli konsumen dapat menimbulkan resiko baru dan melanggar etika privasi karena FBI nantinya dapat menjebol setiap iPhone di Amerika Serikat.

Kini, Departemen Kehakiman Amerika Serikat menyatakan adanya bukti baru yang mampu membuat FBI memaksa Apple untuk menyediakan source code penuh iOS jika perusahaan tersebut menolak untuk membuat aplikasi spesial untuk mengaakses iPhone yang terkunci.

Jika source code yang berisi private key diberikan, FBI bahkan dapat meluncurkan update khusus kepada semua pengguna iPhone tanpa konsumen mengetahui dari mana update tersebut yang berpotensi untuk memberikan akses penuh ponsel ke FBI.

Di sisi lain, John McAfee sebagai pendiri McAfee Antivirus yang pernah membuat pernyataan bahwa ia mampu membuka ponsel iPhone pada kasus San Bernardino, ternyata menganggap pernyataannya hanya sekedar untuk menarik perhatian masyarakat saja.

Bill Gates sendiri tidak memberikan jawaban pasti mengenai kebijakan yang harus diambil yaitu apakah mendukung FBI atau Apple. Penemu Microsoft ini hanya mengatakan jika diperlukan diskusi baru antara pemerintah dan Apple untuk menciptakan keseimbangan antara informasi yang dapat diketahui dengan perlindugan serta tata cara mengakses informasi tersebut.

(Visited 84 times, 1 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Fajar Anggiawan
Fajar Anggiawan

stream to bytes

Latest
 
 

Read more:
Gmail Kini Memblok File JavaScript

Sebuah terobosan Google dalam meminimalisir penyebaran malware dengan memblok file JavaScript sebagai lampiran email.  Langkah ini diambil karena maraknya penyebaran...

Close