Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


Search Engine Tanpa Google

0
Posted December 22, 2015 by Joko Nurjadi in Know How

Inilah berbagai search engine yang dapat melakukan apa yang tidak dapat dilakukan Google.

Bagi banyak orang, mencari sesuatu di Internet sudah identik dengan mencari menggunakan search engine Google. Tidak dapat dipungkiri bahwa Google sudah merajai kancah search engine. Bahkan berdasarkan berbagai survei dan statistik, hingga saat ini Google belum memiliki kompetitor yang ketat. Tanyakan pada developer/ administrator website yang dengan mudah dapat membuktikan hal ini dengan melihat informasi traffic website yang datang dari search engine, umumnya tentu didominasi oleh Google.

Namun sebagai sebuah search engine, apakah Google sudah memiliki semua yang dibutuhkan user? Belum tentu. Beberapa search engine ternyata memiliki keistimewaan tersendiri seperti yang akan diulas dalam artikel ini.

DuckDuckGo

Tidak dapat disangkal bahwa Google merupakan mesin pintar yang berusaha memahami user. Ia memiliki algoritma untuk menebak informasi yang ingin dilihat user berdasarkan lokasi dan rekam jejak user tersebut. Dengan demikian hasil pencarian Google yang tampil pada user A bisa jadi berbeda pada user B walaupun keyword yang diketikkan sama. Kemampuan Google ini disebut dengan personalized search. Namun hal ini dikritik oleh seorang aktivis Internet Eli Pariser yang menyebutnya dengan istilah Filter Bubble. Efek buruknya menurut Eli Pariser adalah informasi yang ditampilkan Google akan terbatas pada sudut pandang user, karena informasi yang bertentangan atau tidak disukai user tersebut tidak mendapat prioritas untuk ditampilkan.

Bagi Anda yang tidak ingin data lokasi dan jejak lainnya dilacak, cara pencariaan Google ini mungkin tidak membuat Anda nyaman. Sekalipun Anda tidak login ke dalam akun Google atau menggunakan fitur private browsing (atau Incognito pada browser Chrome), namun ini adalah hal yang secara prinsip berbeda dengan personalized search. Private browsing memang tidak menyimpan cookies dan history, tetapi juga tidak menyembunyikan IP. Website yang Anda kunjungi tetap dapat melihat dan merekam IP Anda.

DuckDuckGo (www.duckduckgo.com) adalah search engine yang memiliki konsep berlawanan dengan personalized search, sesuai dengan slogannya: “The search engine that doesn’t track you”. DuckDuckGo menekankan pada perlindungan privasi user dengan tidak merekam jejak apa pun. Karena itu jika Google mungkin menampilkan hasil pencarian yang berbeda pada user yang berbeda, maka DuckDuckGo akan menampilkan hasil pencarian yang sama untuk semua user sepanjang keyword pencariannya juga sama.

duckduckgo

Kelebihan lain DuckDuckGo adalah dapat menjelajah Deep Web, yaitu konten Internet yang tidak terindeks oleh search engine standar. Namun Anda harus berada pada jaringan Tor terlebih dahulu, alamat DuckDuckGo pada Tor adalah 3g2upl4pq6kufc4m.onion.

Keistimewaan pada satu atau dua hal tidak membuat DuckDuckGo melupakan fungsi intinya yaitu sebagai mesin pencari. Seperti juga Google, DuckDuckGo dapat mencari keyword pada web, image, dan video. DuckDuckGo juga memiliki fitur Instant Answers, contohnya jika Anda mengetikkan “Jakarta weather” maka akan muncul prakiraan cuaca di Jakarta.

Bing

Search engine Bing (www.bing.com) merupakan search engine yang sangat populer sejak awal kemunculannya tahun 2009 hingga saat ini, walaupun secara umum tetap dianggap berada di bawah Google. Penilaian ini mungkin agak berubah jika Anda mengetahui beberapa keistimewaan Bing, setidaknya bagi Anda yang merasakan manfaat beberapa fitur Bing yang akan dibahas berikut ini.

Yang pertama adalah operator LinkFromDomain yang memberikan hasil pencarian yang memiliki link dari domain yang Anda tentukan. Contohnya ketik keyword berikut pada www.bing.com:

LinkFromDomain:pcmedia.co.id

Hasilnya terlihat seperti pada gambar berikut.

linkfromdomain

Terdapat 718 hasil pencarian yang tercatat sebagai link yang berasal dari www.pcmedia.co.id. Informasi ini sangat berguna bagi Anda yang ingin membuat daftar link website yang berkaitan dengan domain tertentu. Mungkin Anda membutuhkan informasi ini untuk riset, atau sebagai informasi pendukung pemasaran, atau keperluan lainnya.

Keistimewaan Bing lainnya adalah pencarian video yang memiliki fitur preview. Video akan dimainkan saat Anda mengarahkan mouse pada thumbnail video. Hal ini memudahkan user untuk melihat video secara cepat.

gombloh

Fitur menarik lainnya adalah tersedianya pilihan License saat Anda melakukan pencarian gambar. Terdapat pilihan seperti Public domain, Free to share and use, Free to share and use commercially, dan seterusnya sehingga Anda dapat mencari gambar sesuai lisensi yang Anda inginkan dengan cepat dan mudah.

spongebob

Wolfram Alpha

Saat ini mungkin tidak ada search engine yang menampilkan hasil pencarian seunik Wolfram Alpha (www.wolframalpha.com), apa yang disuguhkannya sangat berbeda dengan search engine lain seperti Google atau Bing. Woflram Alpha memang bukan search engine biasa, engine Wolfram Alpha disebut sebagai computational knowledge engine. Hasil yang diberikan Wolfram Alpha berdasarkan algoritma dan perhitungan tertentu yang menghasilkan informasi yang unik. Sebagai contoh, ketikkan keyword berikut pada Wolfram Alpha:

Steve Jobs, Bill Gates

wolfram

Wolfram Alpha membandingkan kedua profil tersebut lengkap dengan foto, timeline, silsilah keluarga, sampai tinggi badan. Contoh lainnya yang dapat Anda coba sendiri:

Microsoft, Apple, Google

Where Am I

Days until new year

Body mass index

Words beginning with th and ending with es

Melalui contoh-contoh di atas dan melihat hasilnya, Anda akan lebih memahami cara kerja Wolfram Alpha dan mengeksplorasinya lebih jauh.

Social Mention

Dengan meningkatnya interaksi antar user pada media sosial, Social Mention (www.socialmention.com) menghadirkan pencarian user generated content secara real time pada lebih dari 80 media sosial termasuk Facebook, Twitter, YouTube, Digg, Google dan sebagainya. Hasil yang ditampilkan pada Social Mention cenderung memberikan informasi tren pada keyword yang Anda ketikkan. Sebagai contoh ketikkan: wireshark, Social Mention akan menampilkan hasil yang terlihat seperti di bawah ini.

wireshark

Wireshark itu sendiri merupakan salah satu software untuk analisis jaringan, pada bagian kiri Anda dapat melihat informasi yang menunjukkan:

Strength, pengukuran seberapa banyak suatu keyword didiskusikan pada media sosial.
Sentiment, perbandingan positif vs negatif.
Passion, semakin tinggi maka semakin banyak orang yang berulang kali mendiskusikan keyword tersebut.
Reach: pengukuran user unik yang mendiskusikan keyword tersebut.

Melalui informasi tersebut Anda dapat memperoleh wawasan baru yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Contohnya jika Anda bingung memilih satu di antara dua atau lebih smartphone yang berbeda, Anda dapat menggunakan Social Mention untuk mengukur dan membandingkan nilai Strength, Sentiment, Passion, dan Reach masing-masing produk tersebut. Tidak terbatas pada produk atau brand, Anda juga dapat menggunakan Social Mention untuk hal lain seperti melihat profil seorang public figure, tempat wisata, istilah yang sedang tren, dan masih banyak lagi.

YaCy

Teknologi peer-to-peer (P2P) sudah cukup dikenal dan banyak melahirkan berbagai aplikasi seperti Bitcoin, BitTorrent, Tradepal, dan lain-lain. Namun sebuah search engine berbasis P2P adalah hal unik sekaligus menarik, dan search engine bernamaYaCy (www.yacy.net/en) memperkenalkan hal tersebut. Tidak terdapat server pusat, karena itu Anda harus mendownload aplikasi YaCy (tersedia untuk berbagai platform) dan menginstallnya pada komputer Anda. Tetap dibutuhkan browser sebagai interface, namun URL yang diketikkan merupakan localhost dengan port tertentu. Selebihnya YaCy bekerja sebagaimana search engine lainnya.

yacy

Selain mengindeks website pada umumnya, YaCy juga dapat mengindeks konten website pada jaringan Tor atau Freenet yang tidak dapat diindeks oleh search engine standar. Jaringan P2P tanpa server pusat juga membuat privasi user lebih terjaga. Walaupun terdapat juga beberapa kelemahan pada Yacy, antara lain tidak terdapat algoritma peringkat untuk memberikan hasil yang lebih akurat seperti Google atau search engine umumnya sehingga sangat mungkin Anda banyak menemukan hasil pencarian yang tidak relevan. Walaupun dimungkinkan untuk mengimplementasikan peringkat berbasis crowdsourcing dengan software tertentu, misalnya Seeks (https://beniz.github.io/seeks).

Tool yang Tepat Untuk Masalah yang Tepat

Setelah mengenal berbagai keistimewaan search engine selain Google, mungkin tidak akan membuat user meninggalkan kebiasaan googling. Namun Google bukanlah sebuah tool yang dapat mengerjakan semuanya, ada kalanya Anda membutuhkan tool lain untuk masalah yang spesifik. Tujuan artikel ini adalah memberikan wawasan baru dan mengenalkan berbagai kegunaan lain yang mungkin dilakukan dengan search engine. Semoga bermanfaat!

Lebih Lanjut:

(Visited 607 times, 1 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook11Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Joko Nurjadi
Joko Nurjadi

... just another name and form.

Latest
 
 

Read more:
Majalah PC Media 03/2017: Inovasi Terbaru Smartwatch

Bukan Lagi Sekedar Penunjuk Waktu Smartwatch atau “jam pintar” mungkin merupakan salah satu jenis gadget yang mencuri perhatian Anda.  Menggunakan...

Close