Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


AMD Radeon Software Crimson Edition Gantikan Catalyst

0
Posted November 4, 2015 by Verydias Aditya in News

PC Media – Pada 2 November 2015, AMD mengumumkan kehadiran software baru bernama Radeon Software. Ini merupakan  terobosan pertama yang dilakukan AMD menyusul perombakan divisi grafis yang saat ini berdiri sendiri dengan nama Radeon Technologies Group (RTG) di bawah kepemimpinan Raja Koduri.

Sebagai informasi Radeon Technologies Group ini merupakan sebuah divisi yang nantinya akan secara khusus menangani berbagai aspek terkait teknologi grafis AMD dari mulai pengembangan hardware console, AMD FirePro, GPU yang diterapkan pada APU, dan berbagai rancangan grafis AMD yang akan muncul kemudian. Berbagai inovasi seperti pengembaangan teknologi baru, optimasi performance/Watt pada GPU serta pengembangan software untuk dukungan teknologi baru akan ditangani oleh RTG. Dan bagusnya, tidak membutuhkan waktu yang lama,  hanya dalam rentang 6 minggu, RTG mengumumkan kehadiran Radeon Software yang merupakan sebuah aplikasi /driver baru yang akan menggantikan Catalyst driver yang bisa dikatakan sudah usang.

Radeon setting

Radeon Software pertama yang akan hadir nantinya adalah Crimson Edition yang merupakan rancangan ulang dari Catalyst Control Center  dengan nama Radeon/FirePro Setting. Aplikasi ini secara general memiliki fungsi yang sama dengan Catalyst Control Center yang selama ini Anda kenal namun hadir dengan user interface baru yang lebih modern dan user friendly. Selain itu, Radeon Software ini juga hadir dengan beberapa fitur baru seperti :

        Game Manager

        Video Quality presets

        Social Media integration

        Simplified Eyefinity setup

        System notifications tab

Layout baru yang diterapkan Radeon Software ini terlihat lebih sederhana, hal ini dikarenakan terdapat pengelompokkan pengaturan kategori  seperti  Gaming, Video, Display, Eyefinity dan System. Dari setiap kategori tersebut, Anda bisa melakukan konfigurasi lebih dalam. Pada kategori Gaming misalnya, Anda akan melihat daftar game-game yang sudah Anda install di komputer. Dengan Radeon Software ini, Anda dapat memilih pengaturan game tersebut secara individual seperti mengatur resolusi, anti-aliasing, dan anisotropic filter atau Anda bisa menggunakan fitur global setting yang akan berlaku untuk semua game yang Anda install.

global setting

Fitur AMD overdrive juga tetap dihadirkan di Radeon Software Crimson Edition ini, namun dengan fungsi yang lebih spesifik di mana setiap game dapat diberlakukan pengaturan clock yang berbeda-beda (individual overclock settings).

display

Pada kategori Video, terdapat sejumlah pengaturan visual seperti Home Video, Cinema Classic, Outdoor, Sport, Vivid dan custom. Sementara pada kategori Display, Anda akan menemukan pengaturan seperti FreeSync, Virtual Super Resolution (VSR), GPU Scaling, dan Scaling mode. Yang menarik, dari slide presentasi yang ditampikan, terdapat dua pengaturan yang berbeda antar Display 1 dan Display 2, hal tersebut mengindikasikan bahwa Anda dapat mengatur setting-an yang berbeda untuk tiap monitor seperti fitur FreeSync hanya diaktifkan pada monitor 1 sementara di monitor lainnya OFF. Begitu pula dengan fitur VSR yang bisa diatur untuk diaktifkan di monitor yang kita inginkan.

Radeon Software ini juga tetap menghadirkan fitur Eyefinity untuk fungsi multi-display seperti pada Catalyst.  Bedanya, pada Radeon Software Crimson Edition ini, terdapat 2 opsi yakni quick setup dan advanced setup. Bagi Anda yang tidak ingin repot,bisa memilih opsi quick setup yang akan melakukan konfigurasi otomatis. Sementara advanced setup bisa dipilih jika menginginkan konfigurasi manual sesuai keinginan.

Pada tab menu System, Radeon Software akan menampilkan sejumlah informasi penting terkait dengan sistem komputer seperti versi driver yang digunakan, jenis GPU, jenis CPU, versi Windows, kapasitas memori, kecepatan memori, dan kecepatan GPU. Seluruh informasi ini bisa Anda salin secara mudah dengan meng-klik tombol “copy all” yang tersedia di sudut kanan atas.

Secara keseluruhan Radeon Software ini menyuguhkan segala fungsi yang dibutuhkan oleh user. Dukungan UI yang baru serta layout yang lebih sederhana menampilkan kesan yang lebih fresh dan easy to use sehingga menepis anggapan kaku yang melekat pada software sebelumnya, Catalyst.

startup loading

Sejumlah improvement pada sisi kecepatan proses start up juga diterapkan pada Radeon Software ini. Berdasarkan pengujian internal yang dilakukan AMD, Radeon Software hanya membutuhkan waktu sekitar 0.6 detik untuk bisa diakses saat mulai dijalankan, sementara pada Catalyst Control Center dibutuhkan waktu yang lebih lama yakni sekitar 8 detik. Peningkatan kemampuan secara signifikan ini tentu akan berdampak lebih baik dari sisi service dan kepuasan pengguna. Karena memang selama ini kendala start up dari Catalyst merupakan salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh pengguna.

Hingga saat tulisan ini diturunkan, belum terdapat informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan Radeon Software ini. Namun yang pasti, AMD menjanjikan bahwa Radeon Software ini akan sudah tersedia sebelum akhir tahun 2015.

(Visited 8,173 times, 19 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook2Tweet about this on TwitterShare on Google+1Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Verydias Aditya
Verydias Aditya

Hardware geeks, love physics, power user of internet

Latest
 
 

Read more:
Google akan Bersihkan Aplikasi Sampah di Play Store

Pada sebelumnya, Google telah mengisyaratkan bahwa akan memantau Play Store secara maksimal, terutama pada kebijakan privasi aplikasi yang akan dipublikasikan....

Close