Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


5 Cara Untuk Mengembangkan & Meningkatkan YouTube Watch Time

4
Posted October 28, 2015 by Kevin Octaviano in Tips

Jika Anda ingin menekuni dunia YouTube, tentunya Anda harus mengetahui betapa pentingnya “watch time” pada sebuah video. Istilah watch time merupakan jumlah rata-rata  dari seberapa lama sebuah video ditonton, melalui YouTube Analytics user bisa melihat jumlah watch time tersebut di setiap videonya.

Mengapa watch time penting? Karena semakin tinggi watch time, sebuah video bisa bersaing dengan video lainnya dengan judul yang sama. Sebagai contoh, terdapat video dengan judul Crazy GTA 5 berdurasi 10 menit, dan mempunyai  nilai watch time selama 8 menit. Ini artinya, rata-rata viewer betah menonton video tersebut hingga menit ke-8, atau mempunyai persentase watch time sebesar 80%.

Dengan persentase sebesar 80%, video Crazy GTA 5 tersebut akan memiliki rank yang bagus pada sistem search engine YouTube. Ketika viewer mencari Crazy GTA 5, tentunya mereka akan menemukan video dengan 80% watch time terlebih dahulu dibanding dengan video Crazy GTA 5 lainnya yang memiliki persentase di bawah 80% watch time. Hal ini juga bisa menambahkan total view sebuah video dan meningkatkan penghasilan iklan dari AdSense.

YouTubeRed

Selain itu, baru-baru ini YouTube telah memperkenalkan layanan YouTube Red, dimana sebuah channel dibayar berdasarkan watch time, bukan view. Mengapa begitu? Karena dengan YouTube Red, user bisa menonton sebuah channel tanpa iklan, alias free ads. Apalah arti view tanpa iklan? Oleh karena itu, melalui YouTube Red creator akan dibayar berdasarkan watch time bukan view. Anda bisa membaca YouTube’s FAQs untuk informasi yang lebih dalam mengenai YouTube Red.

Sekarang pertanyaannya, bagaimana caranya untuk meningkatkan watch time pada video-video di channel Anda? Berikut adalah beberapa tips untuk mengembangkan video Anda demi meningkatkan watch time.

1. Jangan Bohongi Penonton

Kita hidup di jaman internet yang penuh dengan “link jebakan”. Judul video yang berlebihan dan tidak sesuai konten akan membuat viewer kecewa, dan menutup video tersebut pada menit-menit awal, bahkan bisa saja viewer tersebut akan malas kembali ke channel yang membohonginya. Sah-sah saja memiliki judul video yang berlebihan, namun pastikan konten video sesuai dengan judul yang tertulis, atau setidaknya ada beberapa bagian konten yang sesuai dengan judul tersebut. Hal ini berlaku juga untuk deskripsi dan thumbnail video, jangan sampai video Anda berjudul “Naruto Cosplay”, berdeskripsi iklan obat, dan ber-thumbnail Tukul Arwana. Just don’t do it.

MessYourself

Contoh thumbnail dari MessYourself, komedian YouTube

2. Bangkitkan Gairah Penonton

Menit pertama pada sebuah video sangat lah penting, karena pada menit pertama viewer akan menilai apakah sebuah video layak untuk ditonton atau tidak. Jika Anda memiliki intro berupa motion graphic atau text, pastikan intro tersebut berdurasi di bawah 5 detik. Viewer datang untuk melihat konten Anda, bukan untuk melihat intro. Lalu pada salam pembuka kepada viewer, usahakan ekspresi dan suara Anda bersemangat, atau setidaknya unik. Dari salam pembuka lah viewer akan merasakan jatuh cinta pada pandangan pertama, cielah. Jika dari salam pembuka saja viewer tidak tertarik, bagaimana mereka bisa lanjut untuk melihat konten?

Pewds

PewDiePie, salah satu creator dengan salam pembuka yang unik

3. Katakan ke Viewer Untuk Tetap Menonton

Tips ini mungkin terkesan memaksa, namun tidak jika dilakukan dengan cara yang tepat. Jika video Anda memiliki banyak topik, maka beritaukan ke viewer bahwa akan ada pembahasan menarik hingga akhir Video. Selain itu, biasanya seorang creator melakukan giveaway atau hadiah pada akhir video, dan meletakan clue untuk mendapatkan giveaway tersebut di sepanjang video. Cara ini bisa membuat viewer menyimak sebuah video dari awal hingga akhir. Cara giveaway tentunya harus dipikirkan dengan matang, ingat… Anda mau mencari “keuntungan”, bukan malah menjadi buntung, be smart!

Diwantara Anugrah Putra (kanan) pendiri Tara Arts Movie  dibantu adiknya, Gema Cita Andika, memproduksi film pendek yang upload ke youtube, Youngters Edisi07 2015

Tara Arts Network, salah satu creator dari Indonesia yang suka melakukan giveaway

4. Anotasikan Video Lama ke Video Baru

Melalui fitur anotasi, creator bisa meletakan link yang berisikan video-video lama pada sebuah video terbaru. Kami sarankan untuk meletakan anotasi tersebut pada titik yang kurang menarik pada video baru Anda. Karena dengan cara tersebut, viewer yang merasa bosan akan beralih ke video-video lama Anda. Dengan cara ini, watch time dan total view pada channel Anda akan bertambahkan. Gunakan anotasi secara bijak, viewer akan sangat membeci sebuah link yang tidak berhubungan dengan konten yang sedang mereka tonton. Apa lagi jika meletakan link judi bola pada video Anda, sangat tidak dianjurkan.

Anotasi

Contoh penempatan anotasi pada video YouTube

5. Konten Original & Layak Tonton

Menjadi original tidak lah mudah, pastinya semua creator pemula memiliki inspirasi dari creator lainnya yang sudah lebih sukses. Tidak masalah, karena melihat, mempelajari dan memodifikasi itu adalah hal yang sah-sah saja. Terlebih hampir semua konten menarik sudah ada di internet masa kini, khususnya YouTube. Solusinya adalah dengan membuat karakter dan pembeda pada channel Anda. Untuk tips terakhir ini memang gampang-gampang susah, namun jika Anda serius ingin fokus ke YouTube, kenapa tidak dicoba? Selain berkarakter, sebuah video juga harus memiliki kualitas yang layak untuk ditonton. Perhatikan visual video Anda, apakah dapat dilihat dengan jelas? Lalu audio pada video Anda, apakah dapat didengar dengan baik?

Happy

Ilustrasi aja kok ini, masa ngeliat video bagus manyun? Hehe

YouTube selalu mengembangkan inovasi untuk menilai rank dari sebuah video. Namun jika melihat adanya YouTube Red, sepertinya watch time masih akan menjadi patokan untuk rank video ke depannya. Good luck, go creative!

 

 

 

 

(Visited 1,384 times, 4 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook1Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Kevin Octaviano
Kevin Octaviano

Game Author, Gaming YouTuber & Video Editor | Check out my latest gameplay on YouTube: http://bit.ly/VianoGaming

  • nice tips. siap diterapkan. 😀

  • Vendeline Venus

    boleh di coba tuh cara2 yg lain nya, saya baru pake cara ke 4. Anotasikan Video Lama ke Video Baru. http://www.furnimaxx.com/

  • Lingga IP

    review game2 baru di channel sendiri laris manis banyak viewer (y)

  • iman virdiyanto

    thanxs telah di bagi tips nya

Latest
 
 

Read more:
Chrome 53 Hadir Untuk Developer Website
Chrome 53 Hadir Untuk Developer Website

Pada awal September, Google merilis Chrome 53.0.2785.89 yang merupakan versi stabil dari rilis versi 53. Sama dengan Chrome 52, pada...

Close