Panduan Teknologi Penuh Inspirasi

 


Intel Optane SSD Hadir di 2016 – 7 Kali Lebih Cepat Dari SSD Terkini

0
Posted August 20, 2015 by Kevin Octaviano in Hardware

Intel sedang mengembangkan jenis SSD terbaru bernama Optane, yang direncanakan rilis pada tahun 2016 mendatang. Intel menyatakan bahwa memori pada drive Optane bisa menjalankan hingga 1000 kali lebih cepat dari flash NAND yang digunakan oleh SSD masa kini. Mengacu pada AnandTech,  drive Optane akan tersedia pada form factor PCIe SSD dan DIMM.

Drive Optane didasari oleh teknologi bernama bernama 3D XPoint, yang sedang dikembangkan oleh Intel dan Micron. Seperti flash memori, teknologi terbaru ini juga non-volatile, artinya data tersimpan aman meskipun power dalam keadaan mati. Pada drive Optane, individual data cells tidak membutuhkan transistor yang besar dan mewah untuk menulis atau membaca data, karena ukuran cell yang kecil. Drive Optane seharusnya juga lebih tahan banting dari drive yang beredar sekarang, karena banyaknya performa dari write cycles tidak berdampak secara signifikan untuk drive. Ketahanan dari drive Optane memang harus bandel, mengingat drive ini memiliki speed yang lebih cepat.

3D XPoint

Intel melakukan demo pertama dari teknologi 3DXpoint pada Intel Developer Forum kemarin. Mengadu drive terbaru dengan SSD P3700 kelas high-end (read speed hingga 2700 MB/s). Drive terbaru berhasil menunjukan performa 7 kali IOPS (input output per second) yang lebih cepat dari P3700. Kita akan tunggu dan lihat performa lebih lanjut dari drive Optane saat di rilis 2016 nanti.

(Visited 569 times, 1 visits today)

Share artikel ini melalui:
Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone

About the Author

Kevin Octaviano
Kevin Octaviano

Game Author, Gaming YouTuber & Video Editor | Check out my latest gameplay on YouTube: http://bit.ly/VianoGaming

Latest
 
 

Read more:
Bagaimana Mempercepat Waktu Booting Pada Komputer dan Laptop

Mengapa komputer Anda sangat lambat ketika proses startup? Perlu diketahui, jika waktu booting pada Windows seharusnya berlangsung dengan cepat meskipun...

Close